Untitled-11Telkomsel menerima penghargaan sebagai ‘Asia Pacific Mobile Service Provider of the Year’ di acara Frost & Sullivan Asia Pacific ICT Awards 2015. Penghargaan ini mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai opera­tor seluler Indonesia yang mam­pu bersaing di tingkat internasi­onal.

“Merupakan kehormatan be­sar bagi kami sebagai penerima penghargaan Asia Pacific Mobile Service Provider of the Year dari Frost & Sullivan. Penghargaan ini adalah cerminan dari kerja keras, komitmen dan dedikasi seluruh karyawan Telkomsel,” Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, kepada BO­GOR TODAY, dalam keterangan resminya.

Ririek mengatakan kendati iklim di era digital saat ini lebih menantang, fondasi yang telah dimiliki Telkomsel dalam proses transformasi perusahaan telah membuat Telkomsel menjadi lebih tangguh dan lebih siap dalam menghadapi segala tan­tangan yang dihadapi. Dengan demikian, perusahan tetap mampu mempertahankan posisi sebagai yang terdepan.

“Kami akan terus meningkat­kan jaringan kami, berinvestasi dalam teknologi terbaru seperti yang telah kami lakukan dalam komersialisasi layanan 4G LTE yang pertama di Indonesia, ser­ta dalam memberikan layanan berkualitas tinggi untuk semua pelanggan kami,”tambah Ririek.

BACA JUGA :  Cemilan Lebaran Kumpul Keluarga, Ini Dia Gabin Vla Ubi Ungu yang Lezat

Sementara itu Avinash Sa­chdeva, Senior Industry Ana­lyst, ICT, Frost & Sullivan, Asia Pacific, mengatakan, “Telkom­sel adalah salah satu operator seluler terbesar di Asia-Pasifik dari sisi jumlah pelanggan. Me­lalui 2.0 growth program, Tel­komsel secara efektif menerap­kan strategi SMARTies sehingga mampu mendapatkan lebih ban­yak lagi pelanggan, meningkat­kan pendapatan, memperbaiki ARPU gabungan serta menam­bah profit,”

Avinash lebih lanjut menjelas­kan, bahwa eksekusi yang baik membantu Telkomsel untuk ti­dak hanya berkembang di sisi layanan dasar berupa layanan suara dan SMS, namun juga meraih peningkatan yang cukup signifikan dalam pendapatan bisnis digital yang didukung oleh penetrasi telepon pintar (smart­phone).

Hal ini dapat terlihat dari per­formansi Telkomsel selama 2014, dimana bisnis digital Telkomsel (Mobile Broadband dan Digital Services) mengalami pertum­buhan sebesar 33.9% YoY (Year on Year). Hal ini juga didorong oleh adopsi ponsel 3G yang ce­pat di masyarakat, dimana di jar­ingan Telkomsel sendiri terjadi peningkatan pengguna ponsel 3G sebesar 70.8% YoY, menjadi 40.4 juta pengguna.

BACA JUGA :  Sajian Praktis untuk Keluarga, Bakmi Goreng Korea yang Lezat dan Gurih Bikin Nagih

Saat ini layanan digital yang dikembangkan oleh Telkomsel antara lain adalah Digital Life­style Services (Video, Music, Games, dll), Mobile Payment, Digital Advertising, dan Machine to Machine (M2M). Potensi per­tumbuhan penggunaan layanan-layanan ini dipredikasi akan se­makin besar di masa mendatang seiring dengan penetrasi smart­phone yang juga meningkat.

The Frost & Sullivan Asia Pacific ICT Awards merupakan salah satu penghargaan presti­sius di tingkat internasional yang memberikan pengakuan kepada perusahaan dan individu yang telah menunjukkan praktik ter­baik dalam industrinya, meng­hargai ketekunan, komitmen, dan strategi bisnis yang inovatif, yang diperlukan agar dapat terus berkembang dalam pasar global.

Penerima penghargaan di­evaluasi berdasarkan pertumbu­han pendapatan, pangsa pasar, kepemimpinan dalam penge­nalan dan inovasi produk baru, keluasan produk dan solusi, akuisisi pelanggan utama, serta strategi bisnis dan pasar.

Hasil evaluasi kemudian dipresentasikan kepada panel juri independen, yang terdiri dari indidividu-individu berpen­garuh, pengambil keputusan dan pemimpin yang dikenal dalam sektor ICT se-Asia Pasifik.

(Apriyadi Hidayat)

============================================================
============================================================
============================================================