Untitled-5

BOGOR, Today – Telur sudah dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang men­gandung berbagai nutrisi, salah satunya adalah protein yang dapat memperkuat tu­lang. Hasil studi terbaru juga menunjukkan, menambah­kan telur pada salad dapat membuat tubuh lebih sehat.

Menurut hasil sebuah stu­di yang dipublikasikan pada The American Journal of Clin­ical Nutrition, menambahkan telur pada salad , bisa mem­bantu menyerap lebih banyak nutrisi yang ada pada sayur-sayuran, sehingga salad jadi lebih sehat.

Dalam studi tersebut, di­lakukan penelitian pada be­berapa partisipan pria. Mere­ka diberikan jenis salad yang berbeda. Satu salad tidak ada telurnya, yang lainnya ditambahkan 1,5scrambled eggs, salad sisanya ditambah­kan 3scrambled eggs. Tujuan­nya, ingin melihat bagaimana pria-pria tersebut menyerap karotenoid, sejenis antioksi­dan, dari salad.

Baca Juga :  Melamun Bikin Otak Jadi Rileks, Benarkah? Yuk Simak 5 Penjelasannya

Dengan menguji darah partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan salad dengan telur, memiliki karotenoid yang lebih banyak di sistem tubuh mereka. Efeknya se­makin besar pada pria yang menambah 3 telur pada sal­adnya. Namun, para peneliti menyarankan, dua telur juga sudah cukup.

Baca Juga :  Efek Buruk Aborsi Bagi Kesehatan Mental Wanita

Apa yang istimewa dari telur? Lemak pada kuning telur. Berdasarkan studi, pe­nyampuran lemak dengan sa­yuran bisa menyerap nutrisi lebih banyak, karena karot­enoid adalah senyawa yang larut dalam lemak, sehingga dapat membantu memasuki aliran darah.

Para peneliti memilih mempelajari telur, karena telur adalah toping yang bi­asa digunakan pada salad. Peneliti mengorak-arik telur tersebut, agar para partisi­pan mengonsumsi seluruh bagian telur, terutama kun­ingnya. Namun, bisa juga menambah telur rebus atau telur ceplok pada salad Anda.

(Adilla Prasetyo Wibowo)