DSC03928Peresmian Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 Km dipercepat dari jadwal semula di pekan depan. Tol terpanjang di Indonesia itu bakal diresmikan oleh Presiden Jokowi, hari ini. Seperti apa wujudnya?

Oleh : (Yuska Apitya Aji)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Raky­at (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa peresmian tol ini memang lebih ce­pat dari jadwal awal pada 15 Juni 2015.

“Besok (hari ini, red) akan kita resmi­kan. Pak Jokowi yang akan meresmikan. Jadi kita lakukan lebih cepat karena tern­yata di lapangan sudah siap,” kata Basuki, Jumat (12/6/2015).

Peresmian jalan tol ini punya arti penting bagi masyarakat terutama di Pulau Jawa yang sangat padat. Jalan tol ini juga harapkan bakal mem­beri dampak luar bi­asa terhadap penurunan beban jalur pantai utara (Pantura) Pulau jawa yang sangat padat.

Tol Cipali merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Jawa dengan panjang keseluruhan sepanjang 668 km dari Cikopo sampai Surabaya. Basuki menjelaskan, secara keseluruhan proyek Jalan Tol Trans Jawa terus men­unjukkan perkembangan yang positif.

“Ruas yang mangkrak seperti Pemalang-Batang dan Batang-Sema­rang ternyata perkembangannya juga positif. Bidang-bidang lahan su­dah mulai pengukuran, sebelumnya nggak pernah ada. Kalau pengukuran bidang sudah selesai, kita jadi punya dasar untuk melakukan penghitun­gan anggaran. Jadi pembebasan lahan lebih cepat. Jadi ini semua semakin cepat, Tol Tran Jawa semakin berben­tuk,” jelas Basuki.

Baca Juga :  Kapal Van Der Wijck Ditemukan Arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya

Tol Cipakali merupakan jalan tol yang terbentang sepanjang 116.75 kilometer yang menghubungkan dae­rah Cikopo, Purwakarta, dengan Pali­manan, Jawa Barat. Jalan tol ini mer­upakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten, hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Jalan tol ini memper­pendek jarak tempuh sejauh 40 km dan diprediksi akan memotong waktu tempuh 1.5 sampai 2 jam dibanding­kan melewati Jalur Pantura.

Proyek tol ini dimulai den­gan ground breaking pada 8 Desem­ber 2011. Pembangunan dilaksanakan oleh PT Lintas Marga Sedaya melalui komposisi pemegang saham adalah PLUS Expressways Berhad Sebesar 55% dan PT Baskhara Utama Sedaya sebesar 45% dengan total investasi sebesar Rp. 12,56 triliun dan masa konsesi 35 tahun. Pekerjaan konstruk­si dilaksanakan oleh Konsorsium PT. Karabha Griyamandiri – PT. Nusa Raya Cipta Joint Operation (KGNRC JO).

Jalan tol ini terdiri dari 8 tempat peristirahatan, 7 simpang susun dan 7 tempat pertukaran antara lain di Cikopo, Bungursari, Subang, Cike­dung, Kertajati, Sumberjaya dan Pali­manan.

Pangkas Tarif Tol

Pemerintah pusat tak tanggung-tanggung dalam memanjakan peng­guna tol selama arus mudik lebaran. Tarif seluruh jalan tol selama musim mudik Lebaran 2015 akan didiskon 25%-35% dari tarif normal. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh tol yang dikelola swasta dan BUMN PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Baca Juga :  Lavanya Sivaji Miss World Malaysia 2021 Mengklaim Batik Merupakan Budaya Malaysia, Netizen Indonesia : Ratu Klaim

Basuki Hadimuljono mengatakan kebijakan ini merupakan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ke­tentuan ini berlaku 10 hari sebelum Lebaran, dan 5 hari setelah Lebaran.

“Mulai H-10 sampai H+5 akan di­berikan diskon untuk semua ruas tol . Besarnya 25%-35%,” ujar Basuki, kemarin.

Pemberian diskon sebesar 25% berlaku untuk ruas jalan tol yang dikelola swasta. Sementara untuk ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) mencapai 35%.

Basuki mengatakan sedang meny­iapkan Surat Keputusan (SK) Menteri untuk diedarkan sebagai dasar hu­kum penerapan potongan harga tarif tol ini selama musim mudik Lebaran 2015.

Dengan pemberian potongan harga ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang ingin melakukan mudik serta bisa meringankan beban logistik. “H-10 itu kan logistik masih bisa jalan. Kalau ongkos lebih murah diharapkan harga barang juga lebih rendah, karena biaya logistik kan masuk komponen harga barang. Ke­mudian, untuk yang mudik jadi bisa berhemat. Uangnya bisa digunakan untuk keperluan lain,” jelas Basuki.