alfian mujani

BEBERAPA sifat mulia yang selalu ditanam­kan Sidharta Gotama, sang Budha, sepan­jang hayatnya antara lain membina Para­mita atau sifat baik yang luhur, melaku­kan Anumodana atau membagi perbuatan baik kepada mahluk lain. Sifat-sifat mulia Budha tersebut akan berujung pada pen­capaian Santuthi (puas), Santhi (damai), Sukha (bahagia) bagi seluruh mahluk,

Tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar tidak akan terjadi jika ne­gara yang 85 persen penduduknya itu menganut Budha menjalankan ajaran Budha di atas. Bukan­kah Budha mengajarkan bahwa setiap mahluk harus sampai pada pencapaian Santuthi, Santhi, dan Sukha. Tragedi Rohingya di Myanmar patut menjadi renungan umat Budha di Indonesia.

Di Indonesia, umat Islam yang mayoritas tak pernah mengusir etnis apapun yang mi­noritas. Pemeluk agama apapun yang minori­tas. Ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama, umat Islam yang mayoritas lebih mengede­pankan nilai keselamatan sebagai rahmat alam semesta. Kedua, negara menjamin ke­berlangsungan kehidupan beragama. Apapun agamanya. Indonesia adalah surga kehidupan umat beragama. Selamat hari Waisak…!