Untitled-8BOGOR, Today – Bogor terus dibanjiri proyek apartemen. Sejumlah proyek baru terus bermunculan di kota hujan ini. Namun sayangnya, dian­tara sejumlah hunian vertikal yang ada, hanya sedikit yang menawarkan harga yang mu­rah. Bagi, Anda warga Bogor yang masuk ke dalam golon­gan Masyarakat Berpenghasi­lan Rendah (MBR), telah hadir proyek rumah susun sederha­na sewa (rusunawa) di Cibuluh. Rusunawa Cibuluh ini merupa­kan milik pemerintah daerah yang diprioritaskan untuk war­ga kota setempat yang belum memiliki rumah. “Pembangu­nan Rusunawa Cibuluh sudah tahap akhir, ada dua blok. Sa­tunya terdiri atas 99 unit. Jadi, total ada 198 unit yang diperun­tukkan bagi warga Kota Bogor,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Us­mar Hariman.

Ia menambahkan, Ru­sunawa Cibuluh mempunyai kapasitas lebih besar diband­ingkan Rusunawa Menteng yang sudah terlebih dahulu berdiri dan beroperasi. Selain itu, lebih aman dan nyaman, serta dilengkapi fasilitas pere­konomian sebagai fasilitas pe­nunjang. “Fasilitas ekonomi ini akan dikelola oleh warga nantinya. Jadi, situasi di Ru­sunawa Cibuluh sangat nyaman dan diharapkan tetap terpeli­hara kondisinya,” katanya.

Selain memprioritaskan un­tuk warga Kota Bogor, lanjut dia, pemerintah daerah juga memfasilitasi atlet peraih me­dali emas pada Porda XII Jawa Barat di Bekasi 2014 lalu, yang belum memiliki rumah dapat tinggal di rusunawa tersebut. “Pemerintah Kota Bogor akan memberikan fasilitas untuk tinggal di Rusunawa Cibuluh,” sebutnya.

Pembangunan Rusunawan Cibuluh merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum. Berada di lokasi cukup strategis, memiliki akses mas­uk dari Kelurahan Cibuluh, tepatnya di belakang kantor Pemadam Kebakaran Jalan Asogiri. Sesuai dengan perjan­jian Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Kota Bogor terkait peruntukan ru­sunawa bagi masyarakat ber­penghasilan rendah.

Masyarakat yang dimak­sudkan adalah para pekerja yang memperoleh gaji berkisar antara Rp1 juta hingga Rp3 juta per bulan. Saat ini Pemerintah Kota Bogor sudah memiliki rusunawa yang terletak di Pe­rumahan Bumi Menteng Asri dengan kapasitas 300 unit. Se­mentara, pengembang proper­ti Sinarmas Land kembali me­luncurkan proyek terbarunya.

(Apriyadi Hidayat)

======================================
======================================
======================================