_gp_7866_0.bigSACHSENRING, Today – Meski gagal finis di Le Mans, Mugello, dan Katalunya, serta hanya finis kesembilan di Assen, rider Suzuki Ecstar, Aleix Espargaro, mengaku optimis jelang MotoGP Jerman, akhir pekan ini.

Pembalap asal Spanyol itu per­caya motor GSX-RR akan mampu membawanya finis pada posisi ter­depan di Sirkuit Sachsenring.

Di musim 2014, Aleix sukses fi­nis keenam saat memperkuat For­ward Yamaha. Kakak dari jagoan Monster Yamaha Tech 3, Pol Es­pargaro, itu pun yakin bisa tampil optimal di Sachsenring. Menurut­nya, motor GSX-RR sudah cukup kompetitif dan konsisten.

“Saya optimis jelang balapan di Jerman. Di seri sebelumnya, penampilan kami sebenarnya sudah bagus, terutama saat sesi latihan dan kualifikasi. Kini, yang harus kami lakukan adalah men­transformasi performa tersebut ke pertarungan yang sesungguhnya, yaitu saat race,” ujar rider berusia 25 tahun tersebut, Crash melansir, Kamis (9/7/2015).

Namun, kata dia masih harus banyak melakukan pengemban­gan motor, tapi setiap kali bala­pan, merasa kalau Suzuki sudah semakin dekat ke barisan depan.

Baca Juga :  Bono Jadi Pahlawan Timnas Maroko Setelah Berhasil Tepis Tendangan Penalti Carlos Soler dan Sergio Busquets

Seperti diketahui, Aleix dan rekan setimnya, Maverick Vina­les, sempat tampil hebat saat sesi kualifikasi MotoGP Katalunya, pertengahan Juni lalu.

Aleix meraih pole position, sementara Vinales jadi pembalap tercepat kedua. Ini pun menjadi pertama kalinya rider Suzuki bisa start dari posisi satu-dua sejak 1993 silam!

Disisi lain, Aleix juga berkomentar soal trek Sachsenring. Menurutnya, sirkuit sepanjang 3,6 km itu akan mem­bawa tuah positif bagi timnya.

“Sachsenring punya trek yang sangat sempit, jadi kecepatan mo­tor bukan segalanya disini. Ini bisa jadi hal positif bagi motor GSX-RR kami, yang masih sering kesulitan di trek lurus. Handling dan cor­nering menjadi faktor krusial, tapi kami punya motor yang efektif un­tuk sektor ini,” tuntasnya.

Wajah Baru Suzuki

Rencananya, pabrikan asal Jepang itu akan meluncurkan livery spesial motor GSX-RR di Sachsenring, pada hari ini (9/7/2015). Livery spesial ini digu­nakan dalam rangka perayaan ulang tahun ke-30 motor Suzuki GSX-R.

Baca Juga :  Berikut Tim Negara Yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia

“Di Sachsenring, kedua mo­tor GSX-RR yang dikendarai Aleix Espargaro dan Maverick Vinales akan tampil dengan livery edisi spesial sebagai perayaan ulang tahun ke-30 GSX-R,” demikian pernyataan Suzuki, dilansir dari Crash, Kamis, (9/7/2015).

Motor GSX-R yang pertama kali diluncurkan Suzuki sendiri adalah GSX-R750, yakni pada Oktober 1984 silam. Pada 1985, Suzuki un­tuk kali pertama memproduksi replika motor GSX-R dan secara resmi menjualnya ke publik. Kini, motor versi terbaru yang dipakai di MotoGP 2015 adalah GSX-RR.

“Pada balapan nanti, kami tampil dengan livery spesial se­bagai tribute unuk masa kejay­aan Suzuki di masa lalu. Ini akan membuat balapan menjadi cukup emosional bagi saya,” ucap Aleix yang menjadi andalan Suzuki musim ini.

Ia sangat senang dengan livery spesial ini. Akan menjadi hal yang menarik untuk balapan dengan memakai livery yang menunjuk­kan kejayaan Suzuki di masa lalu.

(Imam/net)