Untitled-4Presiden Panasonic, Kazuhiro Tsuga, memastikan rencana investasinya di bidang properti dengan membangun perumahan yang akan direalisasikan di Indonesia tahun ini. “Kami sudah memutuskan melakukan investasi, salah satu di antaranya di bidang perumahan,” ujar Kazuhiro Tsuga setelah bertemu dengan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Jakarta, akhir pekan lalu.

Oleh : Apriyadi Hidayat
up[email protected]

Menurut Kazuhiro, bisnis di bidang perumahan meru­pakan peluang yang cukup besar di Indo­nesia. Untuk itu, Panasonic berusaha semaksimal mung­kin untuk bisa masuk ke bi­dang itu. Namun, pada kes­empatan tersebut, Kazuhiro enggan menyebutkan nilai ek­spansi untuk bisnis di bidang perumahan tersebut.

Adapun Wakil Presiden Pa­nasonic Manufacturing Indone­sia Heru Santoso mengatakan perumahan yang diberi nama Panahome tersebut akan mulai dibangun pada 2017. “Rumah ini mengusung temaSustaina­ble Smart House, di mana akan menggunakan teknologi ramah lingkungan,” ucap Heru.

Pada tahap awal, tutur dia, akan dibangun 50 unit rumah berlantai dua di atas lahan se­luas mulai 110 meter persegi hingga 500 meter perse­gi. Adapun harga yang dipa­tok untuk rumah dengan luas paling kecil adalah Rp1,5 mil­iar per unit, yang rencananya akan dibangun di daerah Beka­si, Jawa Barat.

“Saat ini sedang mencari lokasi yang pasti dan pengem­bang yang akan kami ajak bekerja sama. Kalau dihitung, harganya sekitar Rp1,5 miliar untuk tipe yang kecil, namun belum dipastikan,” ujar Heru.

Menurut dia, Panasonic sangat optimistis dengan ren­cana pengembangan bisnisnya tersebut, terlebih kiprahnya di Indonesia sudah sekitar 55 ta­hun dan nyaris tanpa kendala.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Rachmat Go­bel, menceritakan rumah yang dibangun memiliki sis­tem udara, air dan energi berwawasan lingkungan den­gan mengimplementasikan teknologi yang dimiliki perusa­haan agar lebih hemat.

“Ini memberi value kepada pemilik rumah bukan cuma sekedar rumah yang diban­gun tapi mereka punya satu sistem rumah ini yang berwa­wasan lingkungan karena dia punya sistem energi,” katanya.

(TMP/BIS/Apri)