WASHINGTON TODAY – Bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump banyak mengejek kandidat lain, saat mengumumkan pencalonan­nya. Mulai dari Marco Rubio yang populer di publik hingga Jeb Bush yang disebutnya tidak cerdas.Seperti dilansir CNN, Rabu

(17/6/2015), Trump mengumum­kan pencalonan dirinya di Trump Tower, New York pada Selasa (16/6) waktu setempat. Dia banyak men­gungkap rencananya dan bahkan memberikan pidato berapi-api dan menyerang banyak pihak.

Mulai dari mengkritisi kebijakan pemerintah AS hingga menyebut para migran Meksiko yang datang ke AS se­bagai pemerkosa. Tidak lupa, Trump juga mengejek Presiden Barack Obama yang disebutnya sebagai kekuatan negatif dan menyindir ke­mampuan negosiasinya yang buruk.

Namun tidak hanya Obama, Trump juga mengejek para kandi­dat lainnya sesama Partai Republik. Demikian serangan-serangan Trump saat mengumumkan pencalonannya:

Trump vs Perry

Rick Perry merupakan poli­tikus Republik yang pernah menjabat Gubernur Texas periode 2000-2015. Perry mengumumkan pencalonan­nya dalam pemilu AS tahun 2016, pada awal Juni lalu.

Baca Juga :  Kerap Diejek Berkulit Hitam, Istri Nekat Potong Kelamin Suaminya

“Saya bisa memberitahu Anda bahwa beberapa kandidat yang maju, mereka tidak tahu bagaimana pendingin ruangan bekerja. Mereka berkeringat seperti anjing,” sebut Trump menyindir Perry yang saat konferensi pers memang banyak berkeringat.

Trump vs Chafee

Sesaat setelah menyinggung keringat Perry, Trump mengejek kandidat dari Partai Demokrat, Lin­coln Chafee. Kini, Chafee masih menjabat sebagai Gubernur Rhode Island. Trump mengejek sedikit­nya wartawan dan simpatisan yang datang saat Chafee mengumumkan pencalonannya pada 3 Juni lalu. “Mereka tidak tahu ruangannya ter­lalu besar karena tidak ada siapapun di sana. Bagaimana mereka akan mengalahkan ISIS?” ejek Trump.

Trump vs Bush

Belum puas, Trump kemudian mengejek kandidat Republik Jeb Bush, adik mantan Presiden AS George W Bush. Jeb Bush yang kini menjabat Gubernur Florida ini baru saja mengumumkan pencalonan dirinya.

Dalam pidatonya, Trump tidak hanya mempertanyakan kecerdasan Jeb Bush, tapi juga menyindir kesala­han yang dilakukan Bush pada Mei lalu saat menanggapi pernyataan soal kebijakan kakaknya yang menginvasi Irak. “Semua politikus yang berkom­petisi dengan saya sekarang, mereka berusaha melemahkan diri. Maksud saya, coba lihat Bush, dia butuh waktu 5 hari untuk menjawab pertanyaan soal Irak. Dia tidak bisa menjawab per­tanyaan, dia tidak tahu. Saya katakan, ‘Apakah dia cerdas?’” sindir Trump.

Baca Juga :  Wow, Wanita Ini Bertahan Hidup Hanya Dengan Mengonsumsi Air

Trump vs Rubio

Tidak jauh beda, Trump juga mengejek kandidat Republik, Marco Rubio soal posisinya terhadap Iraq. Rubio kini menjabat Senator AS un­tuk wilayah Florida.

“Saya melihat ke Rubio, dia ti­dak mampu menjawab pertanyaan, apakah Irak baik atau tidak? Dia ti­dak tahu. Dia tidak bisa menjawab pernyataan. Bagaimana orang-orang seperti ini akan memimpin kita?” ucap Trump.

Selanjutnya, Trump juga mencela para kandidat lainnya yang telah mencalonkan diri dalam pemilu presiden 2016 mendatang. “Bagaimana orang-orang ini akan memimpin kita? Bagaimana kita akan membuat AS berjaya kembali? Kita tidak bisa. Mereka tidak me­miliki petunjuk. Mereka tidak bisa memimpin kita. Mereka tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana,” tandasnya.

(Yuska Apitya/net)