Untitled-11BOGOR, Today – Jelang waktu berbuka puasa, sejumlah ruas jalan di Kota Bogor selalu di­padati kendaraan bermotor. Tak terkecuali di Jalan Juanda, dekat mall BTM.

Melihat kondisi tersebut, dimanfaatkan oleh komunitas 234 SC Bogor, menggelar keg­iatan sosial berupa memberi­kan makanan berbuka puasa (takjil) gratis bagi para peng­endara yang terjebak macet.

Ketua Umum 234 SC Bo­gor, Uki Nugraha, mengatakan bahwa aksi ini sebagai bentuk kepedulian komunitasnya pada para pengguna jalan. Sebab bisa saja ada pengguna jalan yang tidak keburu membeli ta’il karena mereka terjebak kemacetan.

“Semua tahu jalur Juanda dekat BTM ini merupakan jalur yang padat hingga tidak menu­tup kemungkinan pengguna jalan tidak keburu membeli takjil,” katanya.

Sebanyak 250 paket takjil dibagikan dalam kegiatan terse­but. Pengendara mulai dari pemotor karyawan yang baru pulang kerja, sopir angkot hing­ga mobil pribadi menjadi sasa­ran pembagian ta’jil tersebut. Rencananya, aktivitas serupa akan digelar setiap minggunya.

Uki berharap, bahwa apa yang dilakukannya bisa menjadi stimulus bagi masyarakat lain­nya untuk berbuat hal serupa.

Bahkan, rencananya 234 SC berniat menggelar Sahur On The Road (SOTR), namun rencana itu urung dilakukan lantaran adanya larangan dari Walikota Bogor, Bima Arya. “Kita patuhi aturan tersebut,” tandasnya.

Untuk mengganti kegiatan tersebut, dana yang terkumpul dari para anggota akan dipakai untuk memberi santunan bagi para yatim dan piatu di panti asuhan.

(Apriyadi Hidayat)