lurahKELURAHAN Suka­damai merupakan salah satu kelurahan Keca­matan Tanahsareal, Kota Bogor. Sukadamai memang terletak agak terpencil dibanding ke­lurahan lainnya. Memi­liki luas 192 hektar dan dihuni sedikitnya 14.000 jiwa, Sukadamai memiliki potensi dari hasil perta­nian yang dikembangkan kembali oleh warganya.

Sang lurah, Jajat Sulaiman men­jabat selama tiga tahun di kawasan ini. Ia terus mengem­b a n g k a n potensi di wilayahnya, baik dari S u m b e r Daya Alam (SDA) dan Sumber D a y a M a n u ­sia (SDM). “ K a m i m e m i l i k i p o t e n s i p e n gem­bangan tanaman jambu. Di kami juga produksi jus jambu olahan sendi­ri. Makanya kami sering disebut kelurahan jam­bu,” kata dia.

Baca Juga :  Perumda Tirta Pakuan Fokus Penerapan SCADA 2022

Jajat mengatakan, pihaknya tengah fokus di sektor kebersihan, su­dah adanya bank sampah yang berbasis 3R. “Kami terus mendampingi war­ga disetiap masalah dan keinginan warga. Jaja­ran kami sangat proak­tif menanggapi keluhan warga,” tegasnya. “Kami mempunyai kelebihan dari bank sampah 3R, jadi semakin mudah men­sosialisasikan ke warga untuk peka terhadap sampah,” akunya.

Baca Juga :  5 Warna Cat Ini Diprediksi Akan Menjadi Tren di Tahun 2022

Pria yang doyan main badminton itu, men­gatakan, hambatan yang paling berat, mendo­rong masyarakat untuk semakin peka terhadap masyarakat. Dirinya ber­harap, warganya semakin menghargai lingkungan, agar lingkungan yang ia gawangi asri dan bersih.

(Rizky Dewantara)