Untitled-11TIDAK terasa Ramadan 2015 telah memasuki 10 hari terakhir. Berdasarkan ajaran islam malam tersebut mengandung Itqun Minan Nar, yang artinya pembebasan dari Api Neraka.

GUNTUR EKO WICAKSONO
[email protected]

Secara keseluruhan, sesung­guhnya bulan ramadan merupakan bulan mulia. Mulia di awalnya, di perten­gahannya dan juga di akhirnya. Awalnya rahmat, perten­gahannya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka yang merupakan pamungkas bulan ini.

Untuk itu diwajibkan bagi umat muslim, Pada sepuluh malam tera­khir ini untuk mengakhiri Rama­dan dengan kebaikan, yaitu dengan mencurahkan daya dan upaya untuk meningkatkan amal ibadahnya.

Seperti yang terlihat di Masjid Agung Bogor, memasuki 10 hari tera­khir ibadah puasa ini, tidak disia-siakan oleh umat muslim yang ada di kawasan Bogor untuk melakukan kegiatan berzikir, berpasrah diri ke­pada sang kholik.

Baca Juga :  Gara-gara Tak Pernah Mandi, Pria di India Memutuskan Untuk Menceraikan Istrinya

Di Bogor sendiri, kegiatan meny­ambut 10 hari terakhir banyak di­lakukan, salah satunya dengan mel­akukan I’tikaf di masjid-masjid. Tak hanya warga Bogor yang datang, namun jamaah dari luar kota juga datang untuk melakukannya.

Hal tersebut disampaikan M Nur­dat, Pengurus Kesekretariatan Mes­jid Agung Bogor. Tercatat ada sekitar 50 jamaah yang akan mengikuti keg­iatan I’tikaf di mesjid yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika itu.

“Tak hanya warga sekitar Bo­gor yang mendaftar I’tikaf. Ada juga jamaah yang berasal dari Cianjur, Sukabumi, Depok, Bandung, Tasik­malaya, Cirebon, Lampung, Padang dan Kalimantan yang juga menjadi jamaah I’tikaf,” ungkapnya.

Baca Juga :  138 Warga Desa Mekarjaya Jasinga Terima BLT Tahap Empat

Seperti Angga Rohmana (39), Warga Sukabumi yang satu ini, me­mang sengaja datang ke Bogor untuk I’tikaf. Menurutnya, sepuluh hari ter­akhir bulan puasa adalah hari yang tidak ingin disia-siakan.

“Sengaja datang ke Kota Bogor untuk ikut program I’tikaf. Selain itu, ini memang menjadi kegiatan ru­tin yang acap saya lakukan jika tiba bulan Ramadan,” tukasnya.

Kegiatan I’tikaf yang sudah ter­program tersebut, akan diisi dengan kegiatan solat berjamaah, kajian alquran dan berzikir bersama. (*)