HL-(3)Atlet aeromodelling Kota Bogor berhasil lolos seleksi daerah (Selekda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan dipastikan bakal memperkuat kontingen Jawa Barat (Jabar) di ajang bergengsi nasional tersebut

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Atlet tunggal Aeromod­elling Kota Bogor, An­dri Abireski dipastikan memperkuat kontin­gen Jabar di ajang PON XIX/2016 mendatang. Setelah suk­ses memboyong medali perunggu di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda Jabar) XII/2014 lalu. Hal tersebut di­ungkapkan oleh pelatih Aeromodel­ling Kota Bogor, Olan Rangkuti.

Olan mengatakan bahwa Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar sudah melayangkan surat pemberitahuan dan berkas terkait keikutsertaan Andri sebagai salah satu atlet yang terpilih memperkuat kontingen Jabar.

“Kami sudah menerima surat dan berkas-berkasnya. Andri terpil­ih sebagai salah satu atlet yang ma­suk kontingen berdasarkan prestasi yang diraihnya di ajang Porda Jabar XII/2014 lalu. Saat ini kami sudah memulai persiapan untuk mem­persembahkan yang terbaik nanti­nya,” kata Rangkuti.

Lebih lanjut, pria yang juga aya­handa Andri mengatakan bahwa at­let yang tergabung di Atang Sanjaya Aeromodelling pantas tergabung dalam kontingen. Pasalnya, di ajang Porda Jabar XII/2014 lalu, Andri ber­hasil mengimbangi para atlet lain­nya yang jauh lebih senior.

“Di ajang Porda Jabar XII/2014 lalu itu debut perdana Andri. Tapi dia berhasil bersaing ketat dengan atlet lain yang jauh lebih senior. Per­alatan yang digunakan pun masih berada di bawahnya secara teknolo­gi yang digunakan,” ujarnya.

Ditambahkannya, Andri saat ini sudah mulai mengikuti porsi latihan di pelatihan daerah (Pelatda). “Per­siapan terus kita lakukan, salah sa­tunya terus memberikan latihan ru­tin. Puasa juga tidak menghentikan aktivitas kita untuk terus berlatih. Ini bertujuan untuk memberikan yang terbaik untuk Jawa Barat, seka­ligus membawa harum nama kota Bogor,” lanjutnya.

Komite Olahraga Nasional In­donesia (KONI ) Kota Bogor bangga terhadap torehan prestasi atlet Kota Bogor di ajang Sea Games XXVIII Tahun 2015 di Singapura dan me­minta agar ke depan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bisa memberi­kan perhatian khusus terhadap atlet tersebut.

Ada 7 atlet Kota Bogor yang mengikuti Sea Games di antaranya adalah Syarifudin cabang Olahraga (Cabor) Dayung mendapatkan 1 emas, Horas Manurung Cabor Judo mendapatkan 1 Emas, Szalsza Mau­lida Cabor Judo mendapatkan 1 Pe­runggu.

Kemudian, Maulana Haidir Ca­bor Taekwondo 1 perak Poomsae Individual Putra dan 1 perunggu Poomsae Beregu Putra, sedangkan tiga atlet tidak mendapatkan med­ali, yaitu Ade Kharisma cabor Tenis Meja, Fitra Khaerunisa Cabor Soft­ball, Defia Rosmaniar Cabor Tae­kwondo.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kota Bogor, Lili Kurniadi mengatakan bahwa atas raihan prestasi dalam perlombaan yang berlangsung di East Coast Park, Singapura bulan Juni lalu masyarakat Kota Bogor harus bangga. “Kota Bogor harus bangga karena mereka sudah meng­harumkan nama Kota Bogor di kancah nasional maupun internasi­onal,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pi­haknya juga telah melakukan persiapan dan ketujuh atlet terse­but akan diikutsertakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. “Selanjutnya kita akan terus melakukan pembinaan dan kita juga tengah mempersiapkan di ajang PON XIX/2016 Jawa Barat 9-21 September mendatang,” pungkas­nya. (*)