Untitled-9Sudah menjadi siklus tahunan jika kebutuhan dana masyrakat akan meningkat pada Ramadhan dan Lebaran. Untuk mengantisipasi itu, Bank BJB menyiapkan likuiditas sebesar Rp 6,2 triliun. Dari jumlah tersebut sebanyak 35 persen akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek. Sisanya, sekitar 65 persen didistribusikan di wilayah Bandung dan sejumlah kota serta kantong tujuan mudik.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Direktur Utama Bank BJB, Ah­mad Irfan, men­gatakan di luar Jabodetabek dana tersebut akan disalurkan ke wilayah Bandung, Cirebon, Tasikma­laya, dan Tegal. “Tak hanya di Jawa, pelayanan ATM lebaran itu juga dilakukan di sejumlah kantor cabang di luar Jawa sep­erti Bali, Sumatera, Kaliman­tan dan Sulawesi,” ujar Irfan, belum lama ini.Dana yang disiapkan untuk menghadapi libur lebaran tahun ini menin­gkat delapan persen dibanding alokasi yang disiapkan pada musim liburan lebaran tahun lalu. Untuk menyesuaikan lay­anan pada libur bersama Leba­ran, Bank BJB pun membuka layanan weekend banking dan layanan non operasional kan­tor dengan e-channel seperti ATM 24 jam, internet banking dan sms banking.

 Sementara menurut Sen­ior Vice President Corpo­rate Secretary BJB, Hakim Putratama, layanan liburan lebaran didukung oleh 1.200 jaringan ATM. ATM bank bjb, tersebar di wilayah strategis Indonesia serta seluruh jar­ingan ATM bersama dan jar­ingan PRIMA yang tersebar di Indonesia. Jumlahnya, men­capai puluhan ribu.

Selain penarikan uang tu­nai, kata dia, seluruh layanan perbankan 24 jam ini menye­diakan sarana yang memung­kinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman. Yakni, berupa informasi re­kening, transfer, pembayaran air, telepon, kartu kredit, tel­evisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan layanan perbankan lainnya.

Rp56 M untuk CSR

Bank BJB tahun ini men­yalurkan dana corporate sosual responbility (CSR) sebesar Rp56 miliar atau 5 persen laba bersih tahun lalu. “Setiap tahunnya kami menyalurkan CSR sebesar 5 persen dari laba bersih,”ujar Dirut Bank BJB, Ahmad Irfan.

Menurut dia, komitmen perseroan dalam menyalur­kan dana CSR setiap tahun terus meningkat, seiring bertambahnya laba yang diraih bank BJB. Dana terse­but dusalurkan ke enpat sektor, yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan lingkungan hidup. “Pendidikan menda­pat alokasi sekitar 25 persen dari yotal CSR yang dikhu­suskan untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) di sejumlah wilayah Jabar dan Banten,” katanya.

Pada Ramadhan kali ini, Bank BJB gelar beragam keg­iatan seperti bedah mushola dan pemberdayaan guru nga­ji di daerah. “Khusus Rama­dhan ini, selain buka puasa bersama 2.000 anak yatim dan duafa se-Bandung Raya, Bank BJB juga memberikan bantuan bagi mereka,” ujarn­ya. (*)