BOGOR TODAY – Suasana kawasan Ja­lan Dewi Sartika kemarin berbeda dari biasanya. Kawasan yang setiap harinya dipadati oleh pengunjung untuk berb­elanja itu kemarin berubah. Jalan sepan­jang tiga kilometer itu dipadati pasukan bersih-bersih dari Pemkot Bogor.

Kepala Dinas Kebersihan dan Per­tamanan Kota Bogor, Irwan Prayitno, mengaku Jalan Dewi Sartika menjadi ti­tik fokus utama pembersihan kawasan pasca lebaran.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, juga mengakui bahwa Dewi Sartika sudah tak cantik lagi. “In­syaAllah lima hari terakhir ini kita bisa melihat wajah baru Pasar Anyar yang jauh lebih bersih dan insyaAllah bebas macet. Kehadiran kita hari ini pun unr­tuk melakukan aksi bersih untuk men­guatkan harapana itu,” beber Ade.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Kota Bogor Putuskan Tak Berlakukan Ganjil Genap Saat Libur Nataru

Pernyataan Ade ditegaskan Walikota Bogor, Bima Arya. Bima mengatakan kondisi kawasan Dewi Sartika sekarang harus bertahan tidak hanya satu minggu, satu bulan, atau satu tahun. “Tidak juga satu periode Walikota atau dua periode Walikota. Siapapun Walikotanya, kondisi Dewi Sartika harus tetap bersih seperti ini. Kita yang harus menjaganya bersa­ma-sama,” tegas Bima.

Bima Juga menambahkan kegiatan tersebut merupakan langkah pemerintah dalam mewujudkan penataan, dan aksi bersih-bersih awal dari dari pelaksan­aan program Pemkot Bogor. “Ya, kegia­tan bersih-bersih ini merupakan tahapan dari penataan pasar, dan merupakan simbol komitmen bersama dalam mel­akukan penataan,” kata Bima.

Baca Juga :  Disdukcapil Kota Bogor Kini Miliki Layanan Dhrive Thru

Tak menunggu lama, aksi kebersi­han yang melibatkan lintas sektor dan masyarakat itu pun dimulai. Sepanjang Jl.Dewi Sartika, Jl.Pengadilan, Jl.MA Sal­mun dan Pasar Kebon Kembang, menjadi fokus utama pembersihan.

Aksi bersih-bersih tersebut diikuti antusias ratusan simpatisan, mulai dari PKK, kelurahan, kecamatan, Dinas Ke­bersihan, Satpol PP, TNI, Kepolisian, PD Pasar Pakuan Jaya, petugas parkir, peda­gang, dan kalangan masyarakat pada um­umnya. Dan juga tak ketinggalan Waliko­ta, Bima Arya bersama Wakil Walikota, Usmar Hariman, Ade Sarip Hidayat, ter­libat langsung dalam melakukan aksi ber­sih-bersih ini.

(Guntur Eko Wicaksono)