takluk-persikabo-sorot-aksi-wasit_1BADAN Olahraga Profe­sional Indonesia (BOPI) risau terkait prose veri­fikasi tim peserta Piala Kemerdekaan. Pasalnya, hingga saat ini pendaftaran masih dibuka

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Sekretaris Jenderal Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Heru Nugroho mengatakan Tim Transisi PSSI serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum me­nyerahkan data klub yang akan berkompetisi dalam turna­men Piala Kemerdekaan.

Dia menjelaskan hingga saat ini Kemenpora masih memberikan kesempatan pada klub lainnya untuk mengikuti turnamen sepak bola tersebut. “Kemenpora dan Tim Transisi masih membuka pel­uang bagi tim-tim yang ingin mengikuti Piala Kemerdekaan,” kata Heru, Selasa (7/7/2015).

Padahal, kata Heru, dengan tak segera ditutupnya pendaftaran klub, maka BOPI akan mengalami kesulitan dalam proses verifikasi tim. Selain itu, BOPI berharap Kemenpora dan Tim Transisi PSSI segera melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan untuk proses verifikasi.

BOPI, dia menambahkan, memerlukan waktu hingga dua pe­kan untuk memverifikasi klub-klub yang akan mengikuti turnamen Piala Kemerdekaan. “Saya berharap dalam minggu-minggu ini ber­kas yang dibutuhkan untuk proses verifikasi bisa segera dikirimkan pada kami agar surat rekomendasi bisa segera dikeluarkan,” ucap Heru.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengatakan turnamen sepak bola Piala Kemerdekaan akan mulai bergulir pada tanggal 1 Agustus 2015. Klub-klub yang akan berlaga dalam Piala Kemerdekaan akan diverifikasi oleh BOPI.

Hingga saat ini jumlah klub yang sudah meneken surat keikut­sertaan mencapai 24 klub. Termasuk lima klub yang belakangan mendaftarkan diri, yakni Persibangga Purbalingga, Persis Solo, PSIS Semarang, PPSM Magelang, serta Persiba Bantul.