Untitled-7BOGOR TODAY– Terkait adanya temuan Komisi C DPRD Kota Bogor terkait kerusa­kan sistem Intalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) milik Bogor Trade Mall (BTM), Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, mem­inta Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor untuk mengecek secara berkala.

Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, menegaskan, pihaknya telah meminta BPLH Kota Bogor untuk segera mengecek keseluruhan instalasi IPAL-nya, sudah sesuai atau belum. Ia menambahkan, kare­na setiap tahunnya pengunjung BTM, yang datang terus bertambah maka harus selalu di periksa oleh BPLH.

Baca Juga :  Kepala Diskominfo Terpilih Jadi Ketua IKAPTK Kota Bogor

Usmar kembali mengatakan, pihaknya juga meminta kepada semua pengelola ho­tel, mal dan restoran untuk memberikan laporan kepada BPLH terkait dengan kes­ediaan IPAL yang ada. Dirinya menjelaskan, wajib bagi pihak pengelola untuk selalu melaporkan secara berkala kepada BPLH. “Maka setiap tiga bulan sekali semua yang menghasilkan limbah basah dan kering wa­jib secara berkala melakukan evaluasi ke BPLH,” kata dia.

Baca Juga :  Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor Dilantik, Bangun Karakter Anak Muda Masa Depan

Usmar menambahkan, pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) be­berapa bulan lalu, hasilnya pihaknya mene­mukan restoran dan mal yang tidak menye­diakan penyaringan pembuangan limbah dan sudah memberikan imbauan untuk segera disediakan penyaringan pembuan­gan limbah. “Adanya temuan di lapangan selokan yang bau, kita sudah memberikan imbauan kepada pengelola agar mematuhi aturan untuk tidak mencemari lingkun­gan,” tutupnya.

(Rizky Dewantara)