Berita-2BOGOR, Today – Cabang olahraga (Cabor) beladiri men­jadi andalan bagi Kota Bogor dalam mendulang mendali. Dalam waktu dekat, Kota Bo­gor sebentar lagi bakal memi­liki satu cabang olahraga (ca­bor) baru. Cabor yang masuk dalam kategori beladiri dengan nama Whing Chun. Cabor baru ini berasal dari induk perguru­an Naga Putih.

Pengurus Perguruan Naga Putih Cibinong, Bambang mengatakan bahwa jenis olah­raga ini sudah marak sejak lama dan banyak diminati masyarakat Kabupaten Bogor. Sebelumnya beladiri ini sudah banyak digandrungi oleh war­ga Citayam, Depok. “Untuk lebih mewadahi minta yang besar itu, kita usulkan untuk dibuat cabor,” katanya.

Dikatakannya, beladiri yang memiliki spesifikasi pertarungan jarak dekat ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi angka kriminalitas kian hari kian bertambah tinggi inten­sitasnya. “Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyara­kat untuk pembelaan diri,” ujarnya.

BACA JUGA :  Petik Kemenangan, Timnas Indonesia di Peringkat 2 Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dijelaskannya, Wing Chun adalah sebuah bentuk seni beladiri dengan spesialis ja­rak dekat, memakai pukulan cepat, dan tendangan dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki. Se­hingga sangat efisien untuk bekal beladiri masyarakat se­cara umum.

Untuk mempercepat gerak maju ini dalam waktu dekat akan membuka perguruannya di wilayah Kota Bogor tepatnya di Jalan Padjadjaran. Hal terse­but diungkapkan salah satu pengurus perguruan Whing Chun Naga Putih yang berada di wilayah Cibinong, Bambang.

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Spain Masters 2024, Berikut Hasil Drawing

Menurutnya, tujuan memperkenalkan seni beladi­ri ini sebagai bentuk perha­tian kepada masyarakat, ter­lebih tindak krimanal saat ini semakin marak. “Jika dilihat di berbagai media masa, tin­dakan krimnial saat ini sema­kin tinggi. Mudah-mudahan dengan belajar seni beladiri ini, bisa memberikan manfaat pertahan diri, serta memben­tu fisik, dan mental,” ujarnya.

Terus meningkatnya minat seni beladiri Whing Chun, Perguruan Naga Putih rencananya akan membuka kembali tempat pelatihan di Kota Bogor. “Sudah banyak masyarakat di Kabupaten Bo­gor yang mengikuti seni bela­dadiri Whing Chun, dan kami rencananya akan membuka perguruan Whing Chun Naga Putih ini Kota Bogor,” pung­kasnya.

(Adilla Prasetyo Wi­bowo)

============================================================
============================================================
============================================================