Untitled-7BOGOR, TODAY – Kemarau datang. Musim kemarau yang biasanya datang pada awal-awal tahun akan berakhir pada pertengahan tahun. Namun dengan berubahnya iklim di kutub utara yang semakin memanas sekarang, musim mengalami pergeseran. Saat ini, walaupun sudah memasuki musim kemarau adakalanya tiba-tiba turun hujan. Perubahan cuaca yang tidak menentu ini harus membuat kita harus selalu waspada terhadap kesehatan kita.

Dalam kesempatan ini, penulis mencoba memberikan beberapa informasi dan tips bagaimana cara menghadapi penyakit yang mungkin timbul akibat datangnya musim kemarau. Penyakit-penyakit yang mungkin timbul antara lain:

  1. Penyakit saluran pernapasan berupa diare dan kolera. Tindakan untuk mencegahnya yaitu mengatur pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan makanan yg dikonsumsi. Membiasakan cuci tangan sebelum makan dan tidak jajan sembarangan.
  2. Penyakit kulit akibat air yang bersih yang terbatas. Penyakit kulit antara lain gatal-gatal, bisul bahkan borok. Cara menghadapinya yaitu dengan menggunakan dan mengkonsumsi air bersih untuk kegiatan sehari-hari.
  3. Penyakit infeksi saluran kemih. Diakibatkan dari cuaca panas yang tidak diimbangi dengan konsumsi air yang banyak. Konsumsi air yang kurang mengakibatkan air seni lebih kental yang kemudian menjadi cikal bakal penyusunan batu air seni. Untuk menanggulanginya perbanyak konsumsi minum air putih disaat musim kemarau.
  4. Radang hidung dan sesak nafas yang diakibatkan banyaknya debu yang berterbangan akibat lingkungan yang kering. Resiko infeksi saluran pernafasan dapat dicegah dengan cara menggunakan masker saat beraktifitas diluar ruangan.
  5. Penyakit mata merah akibat udara kering dan debu yang berterbangan. Mata merah bisa terjadi akibat dari suatu benda asing yang menempel di bola mata dan mata kita pun akan terangsang untuk mengeluarkan air mata dan sedikit bola mata berubah warna kemerahan. Untuk mengatasi infeksi/iritasi mata ini pergunakan obat tetes mata sebagai obat antibiotic untuk mencegah peredaran penyakit yang mungkin timbul dari benda asing yg masuk kemata tersebut.
Baca Juga :  Jangan Dianggap Sepele 8 Gejala Flu Saat Musim Penghujan

(Rifky Setiadi)