Berita-2JAKARTA, Today – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Da­namon) meluncurkan layanan pembayaran e-commerce atau transaksi belanja online seiring dengan meningkatnya transak­si berbelanja melalui internet yang telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat saat ini.

Menurut data dari TechinA­sia, masyarakat yang belanja melalui online di Indonesia mampu mengeluarkan dana hingga sebesar US$ 2,60 mil­iar (sekitar Rp 34,3 triliun) di sepanjang tahun 2014. Dan an­gka ini diperkirakan akan naik hampir dua kali lipat menjadi Rp 64,5 triliun di tahun 2016.

Michellina Triwardhany, Di­rektur Consumer Banking Dan­amon menyampaikan layanan e-commerce dari Danamon adalah layanan pembayaran transaksi belanja online mela­lui Danamon Online Banking untuk mendukung kebutuhan belanja online bagi masyarakat dan nasabah Danamon. “Sam­pai dengan 31 Mei 2015, tercat­at sudah ada 275.571 nasabah telah terdaftar di Danamon On­line Banking,” katanya dalam keterangan resmi kepada BO­GOR TODAY, Rabu (8/7/2015).

Baca Juga :  Dirut Perumda Tirta Pakuan Pastikan Sumber Daya Manusia Bekerja Maksimal

Pembayaran transaksi be­lanja online ini dapat dilaku­kan melalui Danamon Online Banking yang merupakan layanan internet banking Da­namon, bekerja sama dengan merchant- merchant yang me­miliki kategori bisnis online beragam.

Untuk saat ini, terdapat 21 merchant online yang telah bekerja sama dengan Danamon dalam pembayaran transaksi belanja online. Mereka adalah Bhinneka, Citilink, Electronic City, Jakarta Notebook, Kereta Api Indonesia (KAI), Dinomar­ket, Foodpanda, Perkakasku, Klik Hotel, eVoucher, Metrox, IT KLIK, Idgameland, Hartono Elektronika, InstanTicket, Pa­diciti, Dewaweb, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Blibur, Gogo Mal, dan Sriwijaya Air. Dana­mon juga akan terus melaku­kan penambahan merchant-merchant secara berkala di sepanjang tahun 2015 dan pada tahun-tahun mendatang.

Nasabah Danamon yang in­gin memanfaatkan layanan ini harus jadi pengguna Danamon Online Banking lebih dulu. Pendaftarannya dapat dilaku­kan dengan mudah melalui situs Danamon Online Bank­ing, ATM Danamon atau mesin “EDC Pinpad” (Electronic Data Capture) Danamon yang ter­sedia di kantor-kantor cabang Danamon.

Baca Juga :  7 Potret Seleb Indonesia Berdarah Manado, Cantiknya Gak Ada Obat

Michellina bilang itur lay­anan transaksi belanja online Danamon ini memiliki keung­gulan seperti nasabah tidak perlu melakukan registrasi ulang. Hanya dengan 1 (satu) User ID dan Password (Inter­net Banking/Mobile Banking) nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran.

Kemudian ia juga meng­klaim layanan yang aman ka­rena Danamon Online Banking memiliki standar keamanan internasional EV SSL Certifi­cate, HTTPS Host Security dan nasabah harus menggunakan token untuk bertransaksi. Lay­anan pembayaran transaksi Danamon Online Banking ini juga mendukung gerakan cash­less society.

Vincent Tee, Alternative Channel Head Danamon juga menambahkan selama setahun terakhir, Danamon juga men­ingkatkan layanan electronic channel untuk mendukung gerakan transaksi tanpa tunai ini, seperti peluncuran aplika­si smartphone D-Mobile dan tampilan baru situs Danamon Online Banking yang semakin friendly user.

(Adilla Prase­tyo Wibowo)