Untitled-4BARCELONA, Today – UEFA menjatuhkan sank­si pada Barcelona akibat ulah suporter mereka. The Catalans diwajibkan membayar denda sebe­sar 30.000 euro.

Barcelona sudah berada dalam penyelidi­kan UEFA sejak bulan lalu. Penyebabnya adalah berkibarnya bendera Catalan dan nyanyian ber­nada separatis yang muncul pada pertandingan di Liga Champions.

Berdasarkan rapat Komisi Disiplin dan Etik UEFA yang digelar Kamis (23/7/2015) kemarin waktu setempat, Barcelona dinyatakan ber­salah. Sebagai hukumannya mereka dihukum membayar denda sebesar 30.000 euro atau sekitar Rp 440,9 juta.

UEFA menyebut Barcelona telah melanggar regulasi yang ter­muat dalam article 16 (2) (e). Article itu menyatakan kalau penggunaan bahasa tubuh, kata-kata, objek atau pesan-pesan lain yang tidak sesuai dengan kegiatan olahraga, terutama pesan politik, ideologi, agama, atau hal lain yang bersifat provokatif dan ofensif adalah ter­larang.

Barcelona mengalahkan Ju­ventus dengan skor 3-1 di final Liga Champions. Kemenangan itu menyempurnakan musim Barca setelah sebelumnya skuat besutan Luis Enrique juga menjuarai La Liga Primera dan Copa del Rey.

Barcelona juga dikritik oleh partai yang berkuasai di Spanyol saat ini (People Party) karena su­porternya menyoraki lagu kebang­saan Spanyol saat digelar final Copa del Rey. Demikian dikutip dari Guardian.

(Adil | net)