Untitled-2MUNGKIN sebagaian dari anda adalah pengguna ponsel besutan HTC? Salah satu merk kelas atas asal Taiwan tersebut nyatanya kini telah menjadi salah satu pemain indus­tri telekomunikasi yang diperhitungkan. Dan hal tersebut tidak lepas dari peran wanita in­spiratif yang telah membesarkan nama HTC, Cher Wang.

Cher Wang lahir pada tanggal 14 Setem­ber 1958 di Taipei, Taiwan. Ia adalah putri dari seorang pengusaha sukses yang ber­nama Wang Yung-ching. Ayahnya bukanlah seorang pengusaha biasa. Ia adalah miliader yang bergerak dalam usaha pengolahan ma­terial plastic dan pabrik kimia di bawah ben­dera Formosa Plastics Group. Bahkan dalam beberapa tahun ayahnya pernah dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Taiwan.

Kekayaan yang berlimpah dan juga ke­hidupan yang nyaman nyatanya tidak mem­bentuk pribadi Cher Wang menjadi sosok layaknya putri raja yang manja dan suka menghamburkan uang untuk bersenang-senang. Mungkin berkat ayahnya yang sering menanamkan nilai kemandirian dan kerja keras kepadanya dirinya dan saudaranya membuat Wang tumbuh menjadi wanita dengan kepribadian yang kuat dan mandiri.

Sewaktu ia masih kecil dirinya sering diajak oleh sang ayah untuk pergi ke sebuah rumah sakit yang memang sering mendapat­kan sumbangan dari ayahnya tersebut. Dis­ana ia diajarkan pentingnya sifat dermawan dan membantu sesama. Dan usaha ayahnya nampak berbuah manis, hingga masa de­wasanya Wang menjadi sosok yang sangat dermawan dan dicintai banyak orang karena sifatnya tersebut.

Setelah menuntaskan pendidikan menen­gahnya, ia bersama dengan saudaranya dikir­im ke luar negeri untuk melanjutkan masa studi. Ia melanjutkan pendidikan di College Preparatory School, Oakland, California. Kembali lagi, ayahnya ingin mengajarkan hal positif kepada anak-anaknya, termasuk juga Wang. Ia berharap dengan jauh dari orang tua dan banyak kemudahan di negeri asal­nya, ia bisa belajar untuk hidup mandiri dan berusaha untuk dirinya sendiri.

Baca Juga :  Atlet Menembak Kota Bogor, Muhammad Hilman Persembahkan 2 Emas di Peparnas XVI Papua 2021

Perjalanan Karir

Pasca menuntaskan pendidikannya di ta­nah Paman Sam, ia kembali ke Taiwan dan memulai berkarir. Ia pertama kali bekerja di semua perusahaan komputer, First Inter­national Computer pada tahun 1982. Pada waktu itu dirinya memang masih minim pengalaman. Namun ia membuktikan bah­wa dirinya punya kapasitas lebih untuk hal tersebut. Ia terbukti mampu memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

Hasilnya setelah 5 tahun mengabdi di First International Computer ia telah merasa siap untuk masuk ke jenjang karir yang lebih tinggi. Nilai positif yang bisa diam­bil dari sosok Cher Wang, sebagai eksekutif wanita yang sudah terbilang mapan dengan pekerjaannya saat itu, ia berani mengambil resiko dengan mengembangkan karirnya lebih besar lagi. Disaat banyak wanita yang mungkin sudah merasa cukup,semangat pengembangan diri masih di tunjukkan oleh seorang Cher Wang.

Di tahun 1987 ia mendirikan perusa­haan pembuat chipshet, Via Technologies. Ia mendirikan perusahaan tersebut bersama dengan sang suami Wen Chi Chen. Dan pe­rusahaannya tersebut bisa dikatakan berja­lan dengan sangat baik, bahkan dulunya Via Technologies pernah memproduksi sebuah chipset komputer paling populer pada waktu itu.

Mendirikan HTC

Semua kesuksesan yang ia raih tak lan­tas membuat dirinya berpuas diri. Ia kemu­dian mengembangkan perusahaan baru yang lebih berfokus pada produksi notebook dan ponsel, yang diberi nama HTC Corporation yang merupakan singkatan dari High Tech Computer Corporation.

Awal perusahaan tersebut beroperasi, HTC memang hanya memproduksi notebook saja. Namun setelah berjalan beberapa wak­tu ternyata Wang melihat adanya persaingan bisnis yang sangat ketat. Hal tersebut mem­buat dirinya memutuskan merubah fokus produk HTC ke ranah smartphone. Pada waktu itu, smartphone memang masih be­lum terlalu banyak digarap oleh perusahaan teknologi di Taiwan atau pun di kawasan Asia. Ia yakin usahanya tersebut akan ber­hasil nantinya.

Baca Juga :  TKSK Jasinga Berikan Sosialisasi Hak dan Kewajiban Kelompok Penerima Manfaat

Saat menelurkan produk pertama yang menggunakan OS Windows Phone, ternyata produk PDA besutan HTC tidak menemui ke­suksesan seperti yang diperkirakan. Namun ia tidak berhenti sampai disitu saja. Saat itu, Google yang sudah memegang hak paten Android memang sedang gencar mencari rekanan. Dan jadilah pada tahun 2009, HTC dan Google bekerja sama untuk membuat smartphone pertama yang menggunakan OS android. Bahkan yang akhirnya bisa melambungkan nama HTC menjadi salah satu pabrikan smartphone populer di dunia adalah manakal seri HTC Google, Nexus One berhasil dirilis. Seri tersebut mendapat tanggapan yang luar biasa bagus. Berkat itu semua kesuksesan dan pundi-pundi kekay­aan mulai berdatangan pada Wang dan HTC tentunya. Bahkan ia pernah dinobatkan sebagai pengusaha wanita paling kaya di Taiwan dengan total kekayaan sebesar 8,8 miliar dollar AS.

Sifat kedermawanannya pun tak pernah luntur, ia masih terus memberikan kontribusi sebagai donatur di beberapa badan amal lo­kal bahkan dirinya pernah menyumbangkan uang pribadinya sebesar US $ 28.100.000 untuk sebuah sekolah di Cina, bernama Guizhou Forerunner College.

Kerja keras dan tidak terlena dengan semua kesenangan yang ada menjadi kekua­tan terbesar dari seorang Cher Wang. Wani­ta yang kuat dan mampu membuktikan ia mampu meraih kesuksesan besar, semoga sosoknya bisa menjadi inspirasi tidak hanya bagi kaum hawa namun juga bagi kita semua. (MAX)

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]