Untitled-5CALIFORNIA, Today – Harley-Davidson melakukan kam­panye perbaikan massal (recall) terhadap 185.272 sepeda motor model touring lansiran 2014-2015. Recall dilakukan karena pengait saddlebag (bagasi samping) disinyalir ti­dak sempurna.

Berdasarkan dokumen yang dirilis Lembaga Kes­elamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya di Amerika Serikat (NHTSA), pengikat mounting bagasi pada bodi kemungki­nan besar tidak mendapat tekanan yang seharusnya, se­hingga menyebabkan mounting copot.

Jika dibiarkan, saddlebag akan lepas secara keseluru­han, berpotensi membahayakan pengendara, merusak bagasi, dan memberikan hambatan untuk jalan raya serta pengendara di belakangnya.

Masalah ini terdeteksi pada Januari 2015, saat sema­kin banyak pengguna mengklaim garansi terkait masalah ini. Pada Februari, Harley-Davidson menginvestigasi dan menemukan masalah pada pengait saddlebag. Setelah itu, produsen kuda besi Amerika itu kembali menerima klaim yang jumlahnya tidak wajar.

Alhasil, pada Juni 2015, perusahaan menyatakan bah­wa bagian pengait tersebut mengalami masalah dan harus diperbaiki. Untuk mengatasinya, Harley-Davidson meng­ganti pengikat mounting dengan bahan yang lebih kuat dan tahan getaran.

(Adil | net)