Timnas-Senior-Disambut-Panasnya-Suhu-di-QatarPERINGKAT Indonesia anjlok sembilan tingkat di ranking dunia FIFA. Dalam daftar peringkat dunia yang dikeluarkan FIFA, Kamis (9/7/2015), Indonesia bertengger di posisi 164 dari sebelumnya 155. Merah Putih unggul satu undakan atas Timor Leste yang terjun bebas 19 tingkat di posisi 165 dari sebelumnya 146

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Merosotnya peringkat Indonesia di­pengaruhi kisruh sepak bola nasional antara kubu Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) dengan induk olahraga sepak bola, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), yang berbuntut jatuhnya sanksi FIFA pada Sabtu (30/5/2015).

Akibat disanksi FIFA, sepanjang Juni hingga Juli, timnas Indonesia tidak mendapat pemasu­kan nilai karena Merah Putih mendapat larangan tampil di level internasional.

Di level Asia Tenggara, Filipina masih berada di posisi tertinggi, yakni di peringkat 124. Filipina menangguk poin setelah mengalahkan Yaman 2-0 dan Bahrain 2-1, dan bermain imbang 1-1 di kan­dang Srilanka, serta menang 4-1 atas Srilanka di Filipina sepanjang Juni-Juli.

Mayoritas peringkat negara Asia Tenggara an­jlok. Penurunan terbanyak dialami Myanmar dan Timor Leste dengan 19 tingkat. Sepanjang Juni-Juli Myanmar hanya menang sekali dalam enam laga. Vietnam juga mengalami penurunan yang signifikasn (16 tingkat), dan Thailand merosot 11 undakan.

Sementara di level dunia, Argentina merebut posisi pertama kendati menyerah dari Chile pada final Copa America 2015. Lionel Messi dkk me­langkahi Belgia dan Jerman untuk menduduki po­sisi teratas dalam peringkat dunia untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh FIFA, Ar­gentina yang mengumpulkan poin sebanyak 1473 sukses menggusur Jerman yang sebelumnya per­kasa di puncak. Jerman sendiri berada di posisi kedua dengan rangkuman 1411 poin. Setelah Jer­man berturut-turut ada Belgia, Kolombia dan Be­landa di posisi lima besar.

Kejutan terjadi saat Wales menyerobot masuk ke peringkat 10 besar. Gareth Bale dkk mengalami peningkatan peringkat yang cukup signifikan, yaitu 12 peringkat. Kesuksesan ini tak lepas dari penampilan apik Wales di babak Kualifikasi Euro 2016, salah satunya dengan melibas Belgia.

Sementara itu, tuan rumah Euro 2016, Prancis justru semakin terbenam. Le Blue kini mendekam di peringkat ke-22, turun 13 peringkat dari per­ingkat sebelumnya. Ini tak lepas dari performa buruk Prancis dalam beberapa laga uji coba be­lakangan ini.