Foto-2-B1-LebaranBOGOR, TODAY – Setelah sebulan berpuasa, Anda bisa jadi tergoda dengan menyantap makanan yang berlimpah. Jangan terlalu larut. Hati-hati, Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Tahan Nafsu anda setelah sebulan menahan nafsu, terutama nafsu makan. Lebaran bukanlah menjadi sebuah ajang balas dendam.

Ketika berbagai kudapan berhias nan cantik menjadi daya tarik tersendiri, perut kita tentu akan menjadi tak biasa alias kaget setelah dahulu sempat cukup lama tak berisi. Anda pun tak boleh langsung menyantap sekenyang-kenyangnya. Mungkin ada yang menggunakan kesempatan ramadhan kali ini menjadi saat yang tepat untuk menguruskan kadar lemak di badan. Nah, ketika berhasil menurunkannya, janganlah gelap mata sehingga lebaran kali ini menjadi penaik berat badan Anda.

BACA JUGA :  Kamu Harus Tahu, Ini Dia 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Lihatlah makanan yang akan Anda santap. Misalnya makanan berlemak yang berkuah, Anda bisa tidak mengambil kuahnya. Jangan makan terlalu banyak karbohidrat seperti lontong, ketupat, nasi, dan kue-kue kering. Karena pada dasarnya kue berasal dari tepung dan telur. Makanan yang digoreng pun bisa Anda sisihkan dulu atau makanlah dengan porsi yang wajar. Pilihlah makanan yang direbus atau kukus dengan kadar minyak yang lebih rendah. Minuman ringan yang ditawarkan pun dapat digantikan dengan secangkir teh atau air mineral.

BACA JUGA :  Para Ibu Wajib Tahu, Ini Dia 10 Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik Anak

Buah dan sayuran menjadi pilihan bijak bila Anda ingin tetap mengetatkan diet. Ingat, Anda tidak boleh menyingkirkan sama sekali karbohidrat, sehingga sumber energi pun tetap ada. Anda pun akan berkunjung ke berbagai kerabat handai taulan. Sebab itu, Anda pun harus menghitung, berapa kali Anda akan disuguhkan penganan.

Anda mungkin bisa menggunakan trik untuk makan sedikit saja, tidak dalam porsi penuh, setiap berkunjung. Ingat, berat badan dan keadaan tubuh Anda akan dipengaruhi oleh apa yang Anda makan saat itu. Jadi bijaklah dalam menyantap hidangan lebaran Anda.

(Rifky Setiadi)

============================================================
============================================================
============================================================