Untitled-2Tiga besar operator telekomunikasi di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL dan Indosat, mengklaim sukses melayani pelanggannya selama momen Ramadhan dan Libur Lebaran 2015. Masing-masing operator pun mengaku mencatatkan peningkatan trafik komunikasi, khususnya terjadi pada layanan data atau internet. Lantas, bagaimana dengan layanan voice dan SMS?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Keberadaan alat tele­komunikasi semakin memudahkan sila­turahmi masyarakat. Dengan telepon selular, para pelanggan bisa melakukan komunikasi ke segala penjuru daerah . Para operator selaku penyedia layanan pun terus belomba-lomba menawarkan jaringan terbaiknya. Terlebih pada mo­men Ramadhan dan Lebaran yang setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan penggu­naan.

 Untuk menjamin keny­amanan pengguna, operator pun disibukan dengan segala aktivitas mulai dari pemeli­haraan hingga menambahkan teknologi canggih untuk me­mantau dan mengatasi gang­guan jaringan.

Dari data Telkomsel yang di­terima BOGOR TODAY, pihakn­ya mencatatkan layanan data yang mengalami kenaikan sig­nifikan di Hari Raya Idul Fitri 1436 H, yakni sebesar 140 pers­en jika dibandingan dengan pe­riode yang sama di tahun sebe­lumnya.

Vice President Corporate Communications, Adita Irawa­ti, mengungkapkan adapun kenaikan data yang sangat sig­nifikan masih terkonsentrasi di Area Jawa Bali ( Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Bali) yang merupakan des­tinasi utama mudik dan daerah wisata.

“Kenaikan penggunaan data di daerah tersebut terpantau hingga lebih dari 166 persen menjadi sekitar 432 ribu Giga Byte, disusul dengan Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) den­gan kenaikan hingga 155 persen menjadi sekitar 307 ribu Giga Byte dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014,” jelasnya.

Baca Juga :  IHSG Dibuka Tertekan di Level 6.716

Ia menambahkan, mengenai tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai leb­ih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen. “Artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” klaim dia.

Sementara itu, peningkatan trafik layanan data juga dialami oleh PT XL Axiata Tbk (XL). Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, men­gatakan, Kenaikan tertinggi sebesar 11 persen dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri dibandingkan hari-hari biasa. Sementara sebagai perbandin­gan dengan tahun sebelumnya, kenaikan trafik data pada Leb­aran tahun ini meningkat 41 persen dibandingkan dengan Lebaran 2014 yang lalu.

“Secara umum, kualitas jar­ingan XL juga terjaga dengan baik. Dengan jumlah keluhan mengalami penurunan sebesar 32 persen dibandingkan ta­hun sebelumnya,” jelas Ongki dalam keterangan resminya ke­pada BOGOR TODAY.

Secara detail, lanjut dia, dalam tiga tahun terakhir terli­hat pergeseran kebiasaan pel­anggan dalam menggunakan layanan komunikasi. Pemaka­ian layanan percakapan tele­pon (voice) dan SMS berkurang. Dibandingkan trafik pemaka­ian di hari-hari biasa, tercatat penggunaan layanan voice tu­run hingga 35 persen diband­ing hari-hari biasa, sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40 persen.

“Perubahan trafik layanan Voice dan SMS ini lebih dis­ebabkan karena pergeseran kebiasaan pelanggan yang saat ini lebih memilih mengguna­kan layanan media jejaring so­sial dan layanan sejenis instant messenger dalam melakukan komunikasi selama menjelang Idul Fitri. Sehingga terlihat dari kenaikan trafik penggunaan lay­anan komunikasi berbasis digi­tal terus meningkat, terutama sejumlah media jejaring sosial utama dan layanan sejenis in­stant messenger dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramad­han,” tandasnya.

Baca Juga :  IHSG Dibuka Tertekan di Level 6.716

Dalam memastikan kualitas jaringan, kata Ongki, XL me­nerapkan kebijakan preven­tive maintenance, bukan re­active atau saat ada masalah baru ditangani. Dalam hal ini XL menggunakan sistem Work Force Management, di mana tim jaringan berpedoman pada kalender yang disiplin untuk melakukan perawatan BTS.

Berbeda dengan Indosat, meskipun layanan data men­ingkat, pihaknya juga menca­takan peningkatan terhadap layanan SMS atau pesan sing­kat. Berdasarkan data Indosat, trafik SMS di hari H (17 Juli) mengalami peningkatan sebe­sar 941,93 juta, atau naik 34,96 persen dibanding trafik reguler di hari biasa. Keseluruhan pen­ingkatan komunikasi melalui SMS oleh pelanggan Indosat ini menjadikan trafik SMS pada Lebaran 2015 naik sebanyak 44,43 persen dibanding Leb­aran 2014 lalu.

Sementara keberhasilan pengiriman SMS antar pelang­gan Indosat menuai angka leb­ih dari 94,6 persen. Walau ada kepadatan jalur pengiriman SMS, keberhasilan pengiriman ke antar operator mencapai 92,67 persen.

Indosat mencatat kenaikan trafik SMS paling tinggi terjadi di wilayah Sumatera Utara, yaitu sebanyak 146,69 persen. Posisi kedua ditempati oleh kawasan Kalimantan di angka 89,55 persen, kemudian kenai­kan ketiga berada di Sumat­era Selatan yakni sekitar 86,17 persen.

Indosat menyatakan, untuk layanan SMS sendiri kapasi­tasnya memang ditingkatkan menjadi 1,28 miliar SMS per hari. Sedangkan layanan voice atau telepon dinaikan menjadi 39 juta Erlang per hari. Selain itu, trafik komunikasi melalui data Indosat juga dilaporkan meningkat sekitar 232,36 pers­en dibanding trafik tahun 2014 lalu.

(Apriyadi Hidayat)