Lionel-Messi-Barcelona-ProRendersFutboleros-Autor.-Marcos-PérezSUATU hari nanti Lionel Messi diyakini akan pulang ke tanah kelahirannya dan meng­habiskan kariernya bersama klub pertama dia di masa kecil: Newells’ Old Boys

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Messi lahir di Rosario, provinsi Santa Fe di Argen­tina, pada 24 Juni 1987. Dia sudah masuk klub bola lokal di umur 5 tahun, dan tiga tahun kemudian masuk ke akademi Newell’s Old Boys, satu dari dua klub besar di kota Rosario selain Rosario Central.

Konon, selama bermain di Newell’s Old Boys junior, se­lama empat tahun Messi dan timnya hanya merasakan satu kekalahan. Anak-anak itu sampai diberi julukan “Mesin 87” oleh masyarakat setempat merujuk pada tahun kelahiran mereka (1987).

Di tahun 2000 Messi diboyong ke Spanyol oleh Barce­lona, dan sejak itu cerita tentang Messi adalah cerita tentang sesosok pesepakbola kidal yang sudah empat kali didapuk sebagai pemain terbaik dunia, dan lain-lain, dan lain-lain. Di usianya yang 28 tahun sekarang, Messi masih anteng-anteng saja di Barcelona. Seorang pesepakbola Argentina yang lain, Gabriel Heinze, yang menghabiskan dua tahun terakhir kariernya di Newell’s Old Boys dan gantung sepatu di tahun 2014, punya keyakinan tentang kompatriotnya itu.

“Messi akan pensiun di Newell’s. Tak perlu membujuk dia soal itu. Saya tidak akan melihat dia memakai jersey tim lain di Argentina kecuali Newell’s dan dia akan pensiun di sana,” tutur eks pemain PSG, Manchester United dan AS Roma itu kepada Marca.

Secinta apakah Messi pada Newells’ Old Boys? Yang pas­ti, di saat rekan-rekannya di Barcelona mulai kembali berla­tih, Messi masih menikmati liburannya karena habis tampil di Copa Amerika. Messi dan keluarga dilaporkan berlibur ke Karibia.

Nah, lewat akun instagram-nya baru-baru ini Messi me­mamerkan foto dia sedang duduk bersama anaknya, Thiago, yang mengenakan baju Newells’ Old Boys. Thiago, yang la­hir di Barcelona pada 2 November 2012, bahkan langsung dibuatkan kartu anggota Newell’s Old Boys, tak lama setelah sang bayi nongol ke bumi.

Diurus oleh sang kakek, ofisial Newells’ Old Boys sampai datang langsung ke Barcelona untuk “meresmikan” keang­gotaan Thiago Messi, plus memberinya replika jersey yang mungil bernama sang bayi, tentunya dengan nomor pung­gung 10. Tak cuma Messi, publik Newell’s Old Boys pun ter­lanjur mencintai putra daerahnya itu. Minggu lalu, supor­ter mereka memberi dukungan moral kepada Messi yang kembali gagal membawa Argentina menjadi juara, setelah dikandaskan Chile di final Copa Amerika.

Di stadion mereka dalam sebuah pertandingan, dipas­ang spanduk ukuran besar dengan pesan “heroik” buat La Pulga. Kalimatnya berbunyi ~ “Messi: menjadi yang terbaik adalah yang membedakan kita dengan yang lain”.