Untitled-1ROMA, Today – Di umurnya yang sudah menginjak 38 tahun, Francesco Totti belum sama sekali menunjukkan tanda-tanda bakal gantung sepatu. Namun, ada isyarat darinya bahwa musim ini bisa jadi musim terakh­irnya berseragam AS Roma.

Ketika rekan-rekan sejawatnya sudah pen­siun dan ada yang banting setir jadi pelatih, sep­erti Vincenzo Montella, Eusebio Di Francesco, Javier Zanetti, dan Alessandro Del Piero, Totti masih setia mengenakan ban kapten I Lupi hingga sekarang.

Musim 2015/2016 nanti adalah tahun ke-22 Totti meng­abdi untuk Roma dan sepanjang kariernya, dia sudah pu­nya 743 penampilan di seluruh ajang dengan 299 gol serta 187 assist.

Namun, Totti tak bisa melawan usia karena bisa bilang di usianya yang akan menginjak 39 tahun September mendatang, perannya di atas lapangan sudah mulai dikurangi oleh Rudi Garcia.

Contoh saja musim lalu Totti bermain se­banyak 36 kali dengan torehan 10 gol dan 7 assist. Dari 36 laga, Totti cuma main 27 kali di Serie A dengan 24 kali jadi starter, 3 pe­main pengganti, dan tujuh kali hanya berada di bangku cadangan.

Tapi dari 24 kali jadi starter itu, hanya empat kali Totti bermain penuh 90 menit. Statistik ini saja sudah menunjukkan bahwa Totti sudah mulai termakan usia dan Garcia tahu itu. Dalam wawancara dengan Il Mes­saggero baru-baru ini, Totti seperti meny­iratkan keinginannya untuk segera gantung sepatu, setidaknya tahun depan.

Musim ini saya masih ada di sini, tapi musim depannya lagi? Saya tidak tahu,” ujar Totti seperti dikutip Football Italia.

(Adilla Prasetyo Wibowo)