69PARALAYANGPLGI Kabupaten Bo­gor didaulat menjadi tuan rumah kejuara­an tingkat dunia World Paragliding Accuracy yang bakal digelar di Gunung Mas Puncak, Kabu­paten Bogor, Jumat – Senin (7- 17/8/2015)

Ketua PLGI Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi mengatakan bahwa kejuaraan tingkat dunia yang digelar se­lama 10 hari tersebut bakal mempertandingkan nomor ketepatan mendarat. ”Kalau tidak ada kendala, akan digelar di pertengahan Agustus 2015 mendatang,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan ang­gota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bo­gor tersebut, gelaran kejuaraan tingkat dunia World Paraglid­ing Accuracy bakal mendong­krak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor.

”Dengan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia para­layang itu, akan berdampak positif bagi Bumi Tegar Beri­man. Bayangkan saja jika se­luruh paraglider terbaik dunia akan singgah di Kabupaten Bo­gor, dan tentunya hal ini akan memotivasi para atlet. Sektor pariwisata juga akan menin­gkat karena masyarakat bisa menyaksikan atraksi para atlet, sehingga terjadi peningkatan sektor ekonomi,” ujarnya.

”Seluruh atlet dan official pasti akan menginap di hotel daerah puncak, sehingga oku­pansi hotel jadi melonjak. Ob­jek-objek wisata juga jadi mem­beludak. Tentunya ini akan berdampak langsung pada PAD yang dipastikan meningkat,” lanjutnya.

Sementara itu, dukungan pun datang dari Komite Olah­raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bogor yang me­nyatakan mendukung penuh kejuaraan dunia paralayang yang mengambil venue di Gu­nung Mas Puncak.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kabupaten Bogor, Rusdi AS mengatakan pihaknya siap mensukseskan kegiatan terse­but. “Kabupaten Bogor bisa dibilang gudang atlet paralay­ang. Tapi, venue masih menjadi masalah karena PLGI Kabu­paten Bogor masih menyewa di Gunung Mas,” kata Rusdi.

Rusdi pun menyatakan KONI Kabupaten Bogor tengah mengupayakan pengelolaan venue Gunung Mas serta alter­natif venue yang bertempat di Babakan Madang untuk bisa di­gunakan oleh PLGI Kabupaten Bogor.

”Dalam waktu dekat ini, saya akan memantau ven­ue paralayang di Babakan Madang. Sehingga PLGI Kabu­paten Bogor mempunyai arena sendiri. Hal ini juga dilakukan karena Kabupaten Bogor men­jadi tuan rumah Pekan Olah­raga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) 2018 mendatang,” tutup Rusdi.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected] (*)