Untitled-8Merencanakan keluarga harus dibarengi dengan pemilihan alat kontrasepsi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi, saat ini tersedia banyak pilihan kontrasepsi bagi perempuan dan pasangannya

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Setiap jenis kontrasepsi memiliki fungsi, kelebi­han, dan efek samping yang berbeda-beda. Mot­ede kontrasepsi yang dipilih pun dapat disesuaikan dengan gaya hidup, situasi, serta perencanaan keluarga. “Ada ban­yak kontrasepsi yang sudah ter­sedia sejak beberapa dekade tapi terus mengalami peningkatan manfaat dan efektivitas,” kata Mi­chael Devoy, Chief Medical Officer Bayer HealthCare.

Faktor sosial budaya juga ber­pengaruh pada pilihan kontrasep­si di suatu daerah atau negara. Misalnya saja, pil kontrasepsi yang memiliki efek samping membuat haid menjadi jarang tidak disukai di Asia karena menstruasi diang­gap sebagai keluarnya darah ko­tor. Perempuan yang tidak haid dianggap tidak subur sehingga banyak suami yang tidak mau ber­hubungan seksual.

BACA JUGA :  Simak Agar Tak Jatuh Sakit, Hindari Konsumsi 2 Makanan Ini Saat Hujan

Dalam penelitian yang dilaku­kan di Asia, diketahui beberapa alasan mengapa perempuan tidak memakai alat kontrasepsi, yakni takut kesuburannya berkurang, sulit mendapatkan akses, serta ta­kut efek sampingnya.

Menurut Prof.Johannes Bitzer dari European Society of Contra­ception, pada dasarnya tidak ada satu pun metode kontrasepsi yang bisa memenuhi semua keinginan penggunanya. “Mungkin yang paling cocok adalah tidak ber­hubungan seksual sama sekali,” kelakarnya.

Kemajuan ilmu penelitian se­benarnya telah mampu mencip­takan dan memperbaiki metode kontrasepsi yang minim efek samping, efektif, dan memiliki manfaat sampingan. Kontrasepsi tersebut lebih dikenal dengan kontrasepsi modern.

Kontrasepsi modern antara lain adalah sterilisasi, intrauterine device (IUD), kondom, serta pil kontrasepsi hormonal. Sementara itu, kontrasepsi kalender, ejaku­lasi di luar, serta absen berhubun­gan seksual saat masa subur, ser­ing disebut sebagai kontrasepsi tradisional.

BACA JUGA :  Wajib Tahu Ini, 6 Manfaat Jahe Merah bagi Tubuh

Seringkali perempuan me­milih salah satu jenis kontrasepsi modern karena adanya manfaat sampingan. Misalnya kontrasepsi pil memiliki kombinasi hormonal, selain efektif mencegah kehami­lan, pil kontrasepsi generasi terb­aru ini juga mampu mencegah jer­awat, menurunkan risiko kanker, dan mengurangi nyeri haid.

Demikian pula halnya dengan alat kontrasepsi jangka panjang seperti IUD hormonal yang lebih bisa diandalkan karena tidak membutuhka kedisiplinan dalam penggunaan seperti halnya pil atau kondom. Beberapa jenis IUD juga bisa dipakai untuk menguran­gi perdarahan berat saat menstru­asi. Setiap tahunnya, kontrasepsi mampu mencegah 188 juta ke­hamilan yang tak direncanakan yang sekitar 112 jutanya berakhir dengan aborsi dan 150.000 kema­tian ibu melahirkan. (*)

============================================================
============================================================
============================================================