AMERIKA TODAY – Sebuah rang­kaian kereta barang yang mem­bawa bahan kimia beracun anjlok di wilayah Tennessee, Amerika Serikat. Masalahnya, kereta ini terbakar hebat hingga memicu evakuasi ribuan warga setempat.

Disampaikan petugas pemad­am kebakaran setempat, Kermit Easterling, seperti dilansir AFP, Kamis (2/7/2015), kereta barang ini anjlok di dekat Maryville, dekat dengan kota Knoxville. Insiden ini terjadi pada Rabu (1/7/2015) ten­gah malam waktu setempat.

Kereta ini dilaporkan mem­bawa bahan kimia acrylonitrile yang beracun dan mudah terba­kar. Jika terbakar, bahan kimia itu berpotensi mengganggu saluran pernapasan manusia.

Akibatnya, lanjut Easterling, sekitar 5 ribu warga setempat atau yang ada di dekat lokasi kejadian terpaksa dievakuasi. Petugas pemadam mendatangi warga dari rumah ke rumah dengan men­genakan alat bantu pernapasan, untuk menyelamatkan mereka dari kebakaran dan asap beracun.

Dalam insiden ini, petugas pemadam tidak berusaha mem­adamkan api yang terus berkobar karena bahaya acrylonitrile bagi manusia. Tim hazmat yang khu­sus menangani bahan-bahan ber­bahaya telah dikerahkan ke lokasi untuk menangani situasi.

Easterling menambahkan, kereta yang anjlok itu juga mem­bawa beberapa kontainer berisi petroleum cair. Belum diketahui pasti penyebab anjloknya kereta.

Belum ada laporan korban jiwa dalam insiden ini. Kamp pen­gungsian telah didirikan di sebuah sekolah setempat bagi warga yang dievakuasi.

(Yuska Apitya/net)