Untitled-13PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) memperluas pemasaran dengan mengembangkan sistem penjualan tiket dengan metode e-commerce dimana calon penumpang bus segmen antar kota antar provinsi (AKAP) dapat memesan secara online dan membayar dengan kartu debit atau kartu kredit.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Perseroan pun telah menjalin kerja sama dengan salah satu ran­tai minimarket dalam hal pembayaran tiket yang di­pesan calon penumpang me­lalui situs perseroan, www. lorena-transport.com. Seka­rang sedang dalam tahap penjajakan untuk menjadikan minimarket tersebut menjadi sales agent.

“Dengan e-commerce, wilayah pemasaran tidak ter­batas hanya di Indonesia, bah­kan hingga ke luar negeri se­hingga para pelancong asing dapat merancang perjalanan­nya (itenary). Diharapkan, cara ini akan meningkatkan pangsa pasar perseroan,” ujar Presiden Direktur PT Eka Sari Lorena Transport Tbk G.T. So­erbakti dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perseroan di Hotel Zest Inter­national, Kota Bogor, Selasa (30/6/2015).

Selain itu, kata dia, perseroan telah menjalin kerja sama dengan salah satu chain mini market dalam hal pembayaran tiket yang dipesan oleh calon pe­numpang. “Saat ini sedang dalam tahap penjajakan untuk menjadikan chain mini mar­ket tersebut menjadi sales agent,” kata dia.

BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sup Miso Tofu Bayam yang Simple dan Lezat

Sedangkan dari sisi ope­rasional, perusahaan akan meningkatkan on time perfor­mance yaitu tingkat ketepa­tan waktu berangkat dan tiba. Perseroan juga segera mem­buka rute-rute baru sebagai bagian dari rencana ekspansi.

Direktur Lorena Dwi Rian­ta Soerbakti menambahkan, rute-rute baru tersebut adalah rute jarak pendek atau feed­er satelit karena beroperasi mengumpan penumpang dari kota-kota satelit penyangga kota Jakarta. Lorena telah me­miliki izin prinsip untuk rute-rute baru feeder satelit dari Kementerian Perhubungan, yaitu Bogor – Kampung Ramb­utan, Bogor – Kalideres, Bogor – Ciputat – Tangerang Selatan, Bogor – Bandung dan Bogor – Cirebon.

Kinerja Keuangan

Dalam rapat umum pe­megang saham (RUPS) PT Eka Sari Lorena Transport Tbk, diumumkan pula kinerja pers­eroan sepanjang 2014 men­galami penurunan pendapa­tan sebesar 8 persen dari Rp 154,314 miliar pada 2013 men­jadi Rp 141,974 miliar pada 2014.

Kontribusi penurunan ter­besar pada segmen TransJa­karta Koridor V dan Koridor VII yakni 29,28 persen, dari Rp 32,17 miliar pada 2013 menjadi Rp 22,74 miliar tahun 2014. Sementara itu, segmen AKAP menurun 9,76 persen dari Rp 122 miliar pada 2013 menjadi Rp 119 miliar pada 2014.

BACA JUGA :  Menu Buka Puasa dengan Sambal Ati Ampela yang Pedas dan Gurih Menggugah Selera

Sebaliknya, terjadi kenai­kan 50 persen pada jumlah aset perseroan untuk tahun buku 2014, yaitu Rp 358,845 miliar dibandingkan Rp 239,668 miliar pada 2013. Pen­ingkatan jumlah aset ini teru­tama dikontribusikan secara signifikan oleh penambahan aset tidak lancer, berupa aset tetap sekitar 50 bus Mercedes- Benz untuk dioperasikan di segmen AKAP. Ini sebagai re­alisasi penggunaan dana hasil penawaran umum perdana saham (IPO) pada April 2014.

Demikian halnya pula den­gan jumlah ekuitas perseroan pada 2014 yang meningkat sangat signifikan sebanyak 89 persen, menjadi Rp 273,591 miliar dari Rp 144,571 miliar pada 2013. Peningkatan ini yang dikontribusikan penam­bahan modal ditempatkan dan disetor penuh sebanyak Rp 75 miliar atau 75 persen, menjadi Rp 175 miliar pada 2014 dibandingkan Rp 100 miliar pada 2013. Ada pula tambahan modal disetor Rp 51,861 miliar. (*)

============================================================
============================================================
============================================================