Untitled-12Ada pemandangan berbeda menjelang bulan ramadan di masjid-masjid besar di Kota Bogor. Alunan ayat-ayat suci Al quran tampak terdengar di sudut-sudut mesjid.

Masjid yang biasanya sepi, terlihat banyak dikunjungi oleh para jemaah datang dari luar kota yang biasa di sebut musafir. Salah satunya seperti di Masjid Agung Kota Bogor.

Pantauan BOGOR TODAY, di bebera­pa masjid terlihat orang yang membawa tas besar dan terlihat melakukan per­jalanan jauh dan tengah asik membaca Al Quran.

Ketika di temui salah seorang musafir, Adam Sunardi (42), mengatakan sedang melakukan perjalanan untuk mencari ilmu kebenaran.

Baca Juga :  Terpesona Kecantikan Wanita, Pria di Depok Malah Kena Tipu

“Saya dari Banten kang sendiri, saya mencari pencerahan ilmu agama dan mempelajari tentang daerah-daerah yang saya datangi,” ungkapnya

Ketika ditanya tentang bagaimana dia mencari ilmu keagamaan. “Saya hanya beritikaf di masjid ketika malam dan siang hari saya berputar-putar un­tuk melihat aktifitas di Bogor,” jelasnya

Musafir lain, Angga Rohmana (39) Sukabumi, membenarkan kegiatan­nya melakukan perjalanan keagamaan untuk mendekatkan diri kepada sang maha kuasa.

“Saya ingin semua masjid yang saya gunakan untuk beribadah menjadi saksi saya pada saat hari pengadilan di yau­mul hisab nantinya,” ujarnya

Pengurus masjid Agung Kota Bogor, Nurdat, menjelaskan setiap harinya ada ratusan musafir yang datang di masjid Agung Kota Bogor.

Baca Juga :  Ada Dugaan Permainan Tangan ATR/BPN Dalam Kasus Sengketa Tanah Sentul City VS Rocky Gerung

“Setiap sore ratusan orang datang untuk sekedar ikut berbuka puasa dan hanya beberapa orang yang menginap untuk beritikaf pada malam harinya,” ungkap dia.

Pihaknya, juga menyediakan pem­batal pada waktu berbuka puasa dan makan sahur untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan jauh.

“Untuk musafir kami menyediakan ta’jil untuk berbuka ya, ala kadarnya, sedangkan untuk yang malam hari yang sedang melakukan perjalanan jauh dan menginap kami menyediakan makanan untuk sahur,” tambah dia.

(Guntur eko wicaksono)