powerful1-(1)-oleAsia saat ini menjadi tempat kelahiran miliuner baru. Bahkan banyak miliuner muda yang lahir di benua ini. Ada 10 orang muda terkaya di Asia dengan umur antara 18-34 tahun. Anak muda kaya ini lahir antaratahun 1981-1997.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Tak mengejutkan, asal orang muda terkaya di Asia didominasi oleh China. Beberapa orang muda ini bisa kaya dari usaha sendiri, dan ada yang berasal dari kekayaan orangtuanya. Berikut daf­tarnya bagian pertama seperti dilansir dari CNBC, Rabu, (22/7/2015).

  1. Zhu Yufeng

Pemuda berumur 34 tahun asal Hong Kong ini, me­miliki kekayaan US$ 660 juta, atau sekitar Rp 8,5 triliun. Zhu merupakan pemiliki dari Asia Pacific Energy Fund, sebuah perusahaan pemegang saham mayoritas di GCL-Poly Energy Holdings yang didirikan ayahnya pada 1996.

GCL-Poly Energy merupakan produsen polysilicon dan lempengan yang digunakan untuk panel surya terbe­sar di dunia.

  1. Zhang Kangli

Pria berumur 34 tahun asal China ini memiliki kekay­aan US$ 710 juta, atau sekitar Rp 9,2 triliun. Zhang meru­pakan anak dari Zhang Guiping, pemilik Suning Universal, perusahaan real estate besar di China.

Sekarang, Zhang menjabat general manager di Suning. Pria ini merupakan lulusan Universitas Toronto di bidang ekonomi dan manajemen sumber daya manusia.

  1. John Paul Joy Alukkas

Termuda di daftar tersebut, Alukkas merupakan pemuda asal India berumur 29 tahun. Harta kekayaannya US$ 820 juta atau sekitar Rp 10,6 triliun. Dia merupakan anak dari Joy Alukkas, pemilik toko penjual perhiasan, Joyalukkas Group, yang memiliki 95 outlet di 10 negara.

Selain termuda, Alukkas juga satu-satunya orang kaya muda di Asia yang tidak berasal dari China. Anak tertua dari 3 bersaudara, John Alukkas memiliki kampung hala­man di Kerala, wilayah selatan India. Namun dia tumbuh di Uni Emirat Arab.

BACA JUGA :  Kontrol Kadar Kolesterol usai Lebaran dengan 5 Makanan Murah Ini

Ayah Alukkas berencana pensiun tahun ini, dan akan mengalihkan 70% bisnisnya ke anak tertuanya. John Aluk­kas akan menggantikan posisi ayahnya.

  1. Yan Wu

Perempuan berusia 34 tahun asal China ini, memiliki kekayaan US$ 860 juta, atau sekitar Rp 11,1 triliun. Wu menjadi 1 dari 3 perempuan dalam daftar tersebut. Dia menjabat sebagai Chairman dari Hakim Information Tech­nology yang berbasis di Hangzhou. Perusahaan ini beker­ja mengembangkan teknologi smart city. Wu menjadi mili­uner terkaya mulai awal tahun ini, setelah saham Hakim naik, dan nilai perusahaannya menjadi US$ 1,1 miliar.

  1. Leo Chen

Leo Chen adalah pria asal China berumur 32 tahun, tapi kekayaan bersihnya sudah mencapai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun. Chen adalah CEO dari Jumei International Holding, perusahaan ritel kosmetik online. Kekayaannya menanjak, saat perusahaannya Jumei mel­antai di bursa New York tahun lalu, dia juga pendiri Gare­na, salah satu platform game online.

Saham Jumei naik 43 persen sejak Januari 2015. Pria ini dijuluki Mark Zuckeberg-nya China. Dia mulai mengem­bangkan software sejak kuliah di Nanyang Technological University di Singapura. Di 2008 dia juga memperoleh gelar MBA dari sekolah bisnis Stanford di Amerika Serikat (AS).

  1. Lin Qi

Pria berumur 34 tahun asal China ini, memiliki kekay­aan US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 28,6 triliun. Lin meru­pakan pendiri Youzu Interactive, perusahaan pengem­bang situs internet dan game mobile, yang berbasis di Shanghai.

Perusahaan ini mengembangkan game hingga ke luar negeri, termasuk ke Taiwan dan Amerika Utara. Pada 2014 lalu, Youzu diakuisisi oleh Susino Umbrella, dan 100,9 juta lembar saham Lin dibeli dengan harga US$ 2,2 miliar.

  1. He Zhitao

Pria ini memiliki kekayaan US$ 2,7 miliar, atau seki­tar Rp 35,1 triliun. Anak muda berkebangsaan China ini adalah Chairman dan Presiden Hangzhou Liaison Inter­actif Information Technology. Dia serorang ahli dalam urusan informasi teknologi, itu juga yang membuatkan menjadi salah satu anak muda terkaya. Sejak Januari 2015, saham Hangzhou naik 210% di bursa saham China.

  1. Fuli Zong (Kelly Zong)
BACA JUGA :  Labu Siam Ternyata Punya 12 Manfaat untuk Kesehatan, Simak Berikut Ini

Perempuan 33 tahun asal China ini memiliki kekayaan US$ 3 miliar, atau seki­tar Rp 39 triliun.

Kelly merupakan anak satu-satunya dari mili­uner China, Qinghou Zong, yang merupakan pendiri perusahaan produsen makanan ter­besar di China, yaitu Wahaha Group. Lulu­san Universitas Pepperdine, telah menjadi warga negara Amerika Serikat (AS), dan saat ini menjadi presiden Wahaha. Dia akan mewariskan usaha ayahnya yang segera pensiun.

  1. Cheng Chi Kong (Adrian Cheng)

Pria beruur 34 tahun asal China ini memi­liki kekayaan US$ 4,4 miliar, atau sekitar Rp 57,2 triliun. Adrian merupakan anak dari pen­gusaha kaya di Hong Kong, yaitu Henry Cheng, pemilik New World Development yang usahanya di sektor properti, infrastruktur, transportasi, ritel, dan telekomunikasi.

Lulusan Harvard ini pernah menjadi bankir di Goldman Sachs, dan sekarang menjadi Wakil Chairman di perusahaan ayahnya tersebut. Ini sinyal, Adrian akan mewarisi bisnis ayahnya.

  1. Yang Huiyan

Perempuan berumur 34 tahun asal China ini memiliki kekayaan US$ 6,1 miliar, atau sekitar Rp 79,3 triliun. Yang adalah Wakil Chairman dari Country Garden Holdings, peru­sahaan properti terbesar nomor 7 di China, dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 8,9 miliar.

Dia mendapatkan warisan sa­ham perusahaan dari ayahnya di 2007 lalu, dan menjadikan dia perempuan terkaya dan miliuner termuda di China. Yang adalah orang yang low profile, dan tidak suka tampil di muka umum. (dtk)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================