IMG_9821Satu lagi kekayaan kuliner Kota Bandung yang bisa menginspirasi para kawula muda yang ingin memulai berwirausaha. Berbekal inovasi dan kreativitas, Fajar Iman sukses membawa brand kuliner Bageur yang merupakan singkatan dari produk yang dijualnya, yakni kombinasi Bakpao dan Burger. Bageur sendiri merupakan bahasa Sunda yang artinya baik hati. Seperti apa kisahnya?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Setiap saat selalu ada saja inovasi baru yang bisa membuat para pelancong tergiur untuk men­cicipinya. Salah satu inovasi menu baru yang hadir di Band­ung adalah perpaduan antara bakpao dan burger yang kemudian dinamakan Bageur.

Pernah menonton kartun Spongebob Squarepants? Kalau kita pernah menonton kartun ini, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan restoran burger bawah laut yang diberi nama Crusty Crab. Salah satu episode kartun ini pernah memperlihatkan kreasi aneka burger warna-warni yang meng­gugah selera.

Tak disangka-sangka kar­tun yang imajinatif tersebut justru menginspirasi salah seorang pemuda Bandung bernama Fajar Iman untuk mewu­judkan konsep burger warna-warni di dunia nyata. Sang istri pun menyarankan untuk menggunakan bakpao karena teskturnya yang lebih empuk daripada roti bun untuk burger. Jadilah roti bakpao yang dibelah dua dan di­gunakan untuk bun burger tersebut diberi nama Bageur. Inovasi ini terbilang sangat unik karena belum pernah ada bisnis kuliner yang memadukan hidangan bakpao dan burger.

Nama Bageur dalam bahasa Jawa Barat berarti baik. Selain menjadi simbol harapan untuk usaha yang sukses, kata bageur juga merupakan perpaduan dari kata bakpao dan burger. Pemilihan nama yang unik ini diharap­kan menjadi sesuatu yang mudah diingat orang dan menjadi salah satu kuliner populer di kota Bandung. Dengan bekal kreativitas akhirnya Bageur mulai diluncurkan untuk masyarakat sejak tanggal 5 Maret 2013.

Varian Rasa Bageur yang Istimewa

Menu Bageur disajikan dengan menggunak­an aneka bahan-bahan yang berkualitas mu­lai dari pemilihan daging, keju, bahan untuk bakpao, telur, bawang bombay serta sau dan mayoinnaise. Karena tidak menggunakan bah­an pengawet dan minyak yang berlebihan, Ba­geur sangat cocok disajikan untuk anak-anak maupun orang yang sedang diet.

Ada tiga varian rasa Bageur daging sapi yang disajikan dengan warna bakpao yang berbeda yaitu warna orange, hijau dan ungu. Pilihan rasa tersebut adalah barbeque egg, smoke beef dan smoke egg. Ketiganya menggunakan bahan baku daging khas Bageur yang diolah dari daging berkualitas dan bumbu khusus. Perbedaannya terletak pada penggunaan variasi bahan dimana bar­beque egg menggunakan daging saus barbeque dan telur sementara daging asap menggunakan dag­ing burger dan tambahan daging asap.

Untuk pilihan isi burg­er yang paling lengkap, kita bisa memilih varian smoke egg yang terdiri dari daging burger, dag­ing asap dan telur. Sepor­si paket Bageur bisa dinikmati mulai dari harga 29 ribu rupiah saja. Kini Bageur juga menam­bahkan varian lain dengan menggunaan dag­ing ayam sebagai bahan isian. Wah, ternyata untuk mencicipi Bageur yang lezat, sehat dan mengenyangkan kita tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Modal Rp1 Juta

Fajar Iman sang pemilik Bageur mengaku kalau bisnis tersebut dimulai dengan modal 1 juta rupiah saja. Dari modal tersebut, ia memu­tuskan untuk membeli kompor, panci kukusan, wajan untuk menggoreng serta bahan-bahan baku untuk membuat Bageur. Pada masa-masa awal merintis bisnis, ia hanya menyiapkan 20 buah Bageur yang jumlahnya terus bertambah seiring dengan perkembangan bisnis.

Untuk memulai bisnis yang unik ini, Fajar Iman menyatakan kalau ide harus segera di­wujudkan tanpa harus ditunda-tunda. Tidak perlu khawatir dengan perjalanan bisnis dan kendala yang akan dihadapi, sebab kesunggu­han hati akan membuat kita selalu punya cara untuk mengatasi kendala tersebut.

Proses pemasaran Bageur sering dilakukan secara gencar melalui media sosial Twitter dan Instagram. Sehingga para pengguna media so­sial akan tertarik mencicipi Bageur yang tampi­lannya unik dan rasanya lezat.

(MAX)