hp_dec_2013_26Seiring pabrikasi chip yang semakin kecil berbagai perangkat teknologi pun semakin portabel ukurannya. Ucapkan selamat tinggal dengan PC konvensional yang makan tempat di meja kantor, karena HP baru saja merilis PC bisnis terkecil di dunia untuk pasar Indonesia

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Bukannya gelar PC terkecil di dunia su­dah dipegang oleh compute stick dari Intel? Tepat sekali, tapi itu untuk kelas konsumer alias pengguna rumahan. Untuk kelas bisnis untuk pengguna kantoran, HP EliteDesk Desk­top Mini adalah yang terke­cil saat ini. Ukurannya masih lebih kecil dari se­buah pesawat tel­epon yang ada di meja kerja kantor.

Tapi meski pu­nya desain mini, soal spesifikasi jan­gan dianggap re­meh. Prosesornya bisa dibenamkan sampai Core i7 un­tuk yang versi Intel dan APU A8 Pro untuk yang versi AMD. Sedangkan besaran RAM-nya bisa ditancapkan hingga kapasitas 16 GB. Adapun untuk harddisk-nya se­cara default telah tertanam kapasitas 500 GB.

Baca Juga :  Kepala Diskominfo Terpilih Jadi Ketua IKAPTK Kota Bogor

Walau ukuran­nya sangat kecil untuk ukuran PC kantoran, EliteDesk Desktop Mini tetap punya segudang konektivitas mulai dari 4 port USB 3.0, dan 2 port USB 2.1, LAN, WiFi, serta juga output monitor yang bisa menampil­kan hingga ke tiga monitor sekaligus. Ketiga keluaran monitor tersebut terdiri dari sebuah port RGB, dan 2 Dis­playPort.

Ukurannya yang ke­cil memungkinkan Elit­eDesk Desktop Mini bisa ditempatkan hampir di­manapun. Ditambah lagi HP juga sudah menyer­takan sebuah mount­ing VESA, sehingga pengguna juga bisa menempelkannya di belakang monitor untuk penempatan yang lebih efisien.

Soal penggunan daya, EliteDesk Desktop Mini punya konsumsi yang terbilang sangat rendah. Dalam kondisi idle mis­alnya, perangkat ini hanya perlu daya sebesar 8 watt.

“EliteDesk Desktop Mini merupakan jawa­ban atas kebutuhan pe­rusahaan saat ini yang membutuhkan perang­kat yang efisien,” ujar Frans Adi, Market Develop­ment Manager Business PC, Printing & Personal System Group HP Indonesia.

Baca Juga :  IPB Survei Kepuasan Pelanggan Tirta Pakuan, ini Hasilnya

EliteDesk Desktop Mini pun­ya empat varian yang bisa dipil­ih, yakni 800 G1 yang merupa­kan versi Intel, dan 705 G1 yang versi AMD, serta ProDesk 600 G1. Ketiganya merupakan versi kelas atas dan dibekali dengan material metal sebagai bodin­ya. HP juga mengklaim ketiga varian telah melalu pengujian berstandar militer dalam pros­es produksinya, sehingga tang­guh digunakan dalam kondisi apapun.

Sedangkan versi kelas bawahnya diwakili oleh 260 G1. Meski diposisikan sebagai kelas bawah, 260 G1 punya standar kualitas seperti ketiga varian kelas atasnya. Namun untuk yang versi ini masih menggu­nakan material plastik sebagai bodinya.

“Walau sejatinya HP 260 G1 Desktop Mini juga disiapkan untuk pengguna bisnis. Den­gan harga yang lebih terjang­kau, 260 G1 bisa juga dipakai oleh pengguna rumahan yang menginginkan perangkat PC portabel namun dengan per­forma mumpuni,” pungkas Frans.