HL---AdilMendukung target Kabupaten Bogor sebagai Juara Umum di ajang Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018 dimana Kabupaten Bogor didaulat sebagai tuan rumah. Pembinaan atlet dipusatkan di tingkat kecamatan

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Rancangan tersebut diusulkan oleh Di­nas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor. sehingga pembinaan dan penja­ringan atlet bisa lebih terfokus. Apabila dilakukan di tingkat Ka­bupaten akan lebih general dan cenderung kurang efektif.

“Kita memiliki Koordina­tor Olahraga Kecamatan (KOK) yang bisa dioptimalkan un­tuk pembinaan atlet. Selama ini juga KOK terbukti mampu menelurkan atlet-atlet ber­prestasi yang mengahrumkan nama Bumi Tegar Beriman,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Dispora Kabupat­en Bogor, Mustaqim.

Dikatakan Mustaqim, ide tersebut tercetus melihat Kabu­paten Bogor banyak memiliki atlet-atlet berpotensi. Selain itu, Kabupaten Bogor pun me­miliki beberapa cabang olah­raga unggulan. Karena itu pe­musatan latihan di kecamatan perlu menyangkut efektivitas.

“Menurut saya, pemusatan latihan cukup penting apabila diadakan disetiap kecamatan karena banyaknya atlet-atlet berpotensi yang kita miliki saat ini. Tujuan pemusatan di keca­matan itu agar target menjadi juara umum pada ajang Porda tercapai,” ujarnya.

Mantan Kabid Dikmen Di­nas Pendidikan ini menjelas­kan, dalam satu kecamatan setidaknya bisa mewakili satu cabang olahraga unggulan. Sebagai antisipasi tidak terpe­cahnya konsentrasi atlet di ca­bang olahraga tersebut. “Jadi, dari 40 kecamatan yang ada mewakili satu cabang olahraga (cabor). Dan setiap atlet di ca­bor yang terjaring di database kami bisa dikirimkan serta dibina pada satu pemusatan saja,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Mustaqim beralasan agar peran serta dari Komite Olahraga Keca­matan (KOK), bisa berfungsi dengan baik dengan semesti­nya. Sehingga tugas KOK itu bukan hanya mengumpulkan data atlet saja tetapi juga men­jalankan fungsi pembinaan dan pengagasan atlet. “Kami juga berharap cabor non unggulan bisa memberikan prestasi layaknya cabor ung­gulan,” pungkasnya. (*)