HL-(1)Segmen mobil multiguna bawah (low MPV) akan semakin riuh dengan kehadiran pemain baru yang berasal dari China. Pemain baru itu adalah PT Sokonindo Automobile (SA) yang menanamkan investasinya di Indonesia untuk memproduksi MPV bawah

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Prinsipal otomotif asal China ini akan merakit mobil di Cikande, Ban­ten, akhir tahun ini. Sokonindo memberikan un­dangan langsung kepada Men­teri Perindustrian Saleh Husin untuk menyaksikan produksi perdana di pabriknya nanti.

“Tadi petinggi-petinggi Sokon Automobile datang un­tuk mengundang datang, un­tuk bisa menyaksikan produksi perdananya, November nanti di pabrik yang berlokasi di Ci­kande, Banten,” ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kamis (23/7/2015).

Baca Juga :  Tips Mengemudi Ketika Hujan dan Angin Kencang Melanda

Saleh menjelaskan, pabrik SA berada di Modern Cikande Industrial Estate, Desa Bareng­kok, Serang, Banten. SA telah membenamkan investasi segar Rp 150 juta dollar AS atau setara dengan Rp 2,01 triliun. Kapasitas produksi awal pabrik ini menca­pai 50.000 unit per tahun.

Selain untuk pasar domes­tik, MPV ini juga akan memen­uhi kebutuhan ekspor. “Ini murni investasi baru, tidak bek­erja sama dengan ATPM-ATPM besar di Indonesia,” ujar Saleh.

Baca Juga :  Tips Mengemudi Ketika Hujan dan Angin Kencang Melanda

Sementara itu, Komisaris PT Sokonindo Automobile Al­exander Barus mengatakan, produknya nanti akan memiliki harga bersaing dengan kompeti­tor yang menjaring konsumen menengah ke bawah. Hanya saja, terkait dengan harga belum bisa diberitahukan sekarang.

“Jenisnya yang akan diprod­uksi berjenis MPV dengan kubi­kasi mesin 1.300 cc bermesin diesel dan 1.500 cc untuk mesin berbahan bakar bensin. Sasa­ran produk ini kami tujukan untuk kelas masyarakat yang berada di kalangan menengah ke bawah. Mobil ini ukurannya akan lebih besar sedikit dari Xenia atau Avanza,” ujar Alex.