ukm-gong-(2)JAKARTA, Today – Penguatan dan pemberday­aan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan pondasi utama untuk meningkatkan per tumbuhan ekonomi yang be]rkesinambungan. UKM harus di­berikan kesempatan untuk menunjukkan kualitas produknya sebagai barang yang layak di produksi massal sehing ga dikenal di skala nasional maupun internasional.

Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional ( Jap­nas) Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan, ban­yak UKM dan industri rumahan yang bagus di Indo­nesia. “Tapi mereka sering tidak dapat kesempatan untuk mempromosikan produk mereka, padahal be­berapa produk mereka layak untuk di ekspor,” kata Bayu di Jakarta, belum lama ini.

Bayu melanjutkan, baru-baru ini Japnas meny­elenggarakan Japnas Karnaval Ramadhan yang meng­gelar pagelaran produk-produk pengusaha lokal dari seluruh Nusantara. Melalui kegiatan tersebut terlihat betapa pengembangan UKM yang bersinergi dengan industri besar melalui pola kemitraan akan mem­perku at struktur ekonomi, baik nasional maupun daerah.

“Partisipasi pihak terkait atau stakeholders lainnya perlu terus ditumbuhkembangkan agar UKM betul-betul mampu berkiprah lebih besar lagi dalam per­ekonomian nasional. Sehingga peran UKM terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin optimal,” kat anya.

Japnas, kata Bayu, siap mendorong perindustrian nasional dengan salah satunya melalui jaringan pen­gusaha terintegrasi yang berkolaborasi dan bersinergi untuk meningkatkan daya saing nasional. Dia pun meyakini, pemberdayaan serta sinergi UKM nantinya akan berujung pada pembentukan industri dalam negeri yang mandiri.

“Misalnya saja di Cina, perakitan telepon seluler merupakan UKM. Pada akhirnya handphone yang mereka hasilkan menjadi industri besar ketika mer­eka bisa mengekspor keluar Cina,” ujar Bayu.

Dia menambahkan, Japnas Karnaval Ramad­han yang diselenggarakan di Plaza Utara, Senay­an, baru-baru ini merupakan bentuk kegiatan nyata pelaku UKM sekaligus wadah bersilatura­him dengan sejumlah kalangan ser ta masyarakat. Ke giatan ini juga sebagai bentuk pemberdayaan jaringan usaha kec il menengah yang sudah ber­sinergi dengan Japnas.

Ketua panitia acara Japnas Karnaval Ramadhan Ain Rika Armina mengatakan, Japan Karnaval Rama­dhan diisi sejumlah acara, seperti pagelaran produk pengusaha lokal mulai produk pakaian dan makan­an hingga lomba-lomba yang digelar terbuka untuk umum dan dari semua kalangan.

(REP)