IMG_2713TIM Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar penyegaran perangkat pertandin­gan di Wisma Soegondo Djojopoespito Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga, cibubur, Jakarta Timur

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Sebanyak 153 wasit dan asisten wasit serta 45 pengawas pertand­ingan mengikuti program penyeg­aran perangkat pertandingan Tur­namen Piala Kemerdekaan yang digelar Tim Transisi Kemenpora. Hal tersebut, berlangsung di Wisma Soegondo Djojo­poespito Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga, Cibubur, Jakarta Timur, 8-9 Juli.

Pokja Kompetisi Tim Transisi, Tommy Kurniawan, mengatakan jika peserta ber­asal hampir dari seluruh provinsi Indone­sia. Mereka rata-rata, dilanjutkan Tommy, adalah anggota Asosiasi Wasit Profession­al Indonesia (AWAPI). Sebagian, berkuali­fikasi FIFA (4 orang) dan sisanya lulus sertifikasi C1.

Selama penyegaran, materi yang dis­ampaikan cukup padat. Selain itu, mereka juga harus menjalani tes fisik di lapangan Bumi Perkemahan Cibubur. Para perserta tampak antusias, meski baru saja datang dari berbagai daerah.

“Kami memulai tata kelola sepak bola yang lebih baik, dan itu diawali dari kepemimpinan wasit yang jujur, adil dan bermartabat. Wasit dan perangkat per­tandingan harus lebih baik dari sebelum­nya. Yakni, tidak bisa lagi diatur oleh ma­fia pertandingan,” paparnya.

Dalam program penyegaran terse­but, peserta mendapatkan banyak ma­teri. Mulai dari praktik lapangan hingga peraturan permainan. Selain para wasit senior tampil sebagai pembicara dari Mabes TNI, antara lain Letkol Heru Puji­anto yang membawakan judul psikologi dan kepemimpinan dalam mengatasi konflik.

Peserta juga telah menjalani sejumlah tes fisik, Kamis (9/7/2015). Mereka dikum­pulkan sekitar pukul 15.00 WIB di lapan­gan, dan harus menjalani tes fisik. Di anta­ranya, lari bersambung keliling lapangan, dengan kecepatan bergantian. Sepanjang 150 meter maksimal 30 detik, kemudian 50 meter jalan kaki dengan ketentuan waktu yang terukur.

Kemudian, para wasit, asisten wa­sit dan pengawas pertandingan, harus menandatangani Pakta Integritas dengan disaksikan Menteri Pemuda dan Olah­raga (Menpora), Imam Nahrawi, Kamis (9/7/2015) pukul 19.00 WIB.