Untitled-8BOGOR, TODAY – Sebanyak 78 karung besar berisi ganja kering siap edar se­berat 1 ton berhasil diamankan jajaran Polres Bogor di Rest Area Sentul KM 35/600, tepatnya di Desa Kadumangu, Kecamatan Babakanmadang, Minggu (26/7/2015) dini hari.

Diketahui karung berisi ganja itu diangkut dengan sebuah truk tronton merek Hino warna hijau bernomor poli­si B 9776 QI dari Jakarta menuju Bogor. Mobil tersebut dikemudikan oleh JM (21), warga Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Berdasarkan data yang dihimpun truk teronton tersebut memuat seban­yak 78 karung besar dan masing-masing karung berisi sebanyak 50 bata ganja yang diperkirakan berat setiap batanya yakni satu kilogram.

Awalnya pada hari Sabtu 15:00 WIB, ada seorang pria berinisial U datang ke Pull kendaraan untuk menemui pengu­rus truk, dengan tujuan untuk menye­wa truk tronton.

Kepada pengurus truk, dirinya akan membawa barang sepatu ke daerah Cibubur dan ongkos yang disepakati sebesar Rp 1 juta.

Setelah sepakat, pengelola truk dan sopirnya berinisial JM, menunggu dicu­cian mobil di daerah Klapanunggal, dan beberapa saat kemudian U pun datang dan mengarakan kendaraan ke daerah Klapanunggal.

Sekitar pukul 17:00, ternyata sopir truk diperintahkan untuk memind­ahkan karung-karung dari dalam truk tronton hingga pukul 21:00 WIB, pulu­han karung tersebut akhirnya selesai dipindahkan dari truk bok ke teronton tersebut dan diperintahkan untuk diba­wa ke Plaza Cibubur dengan satu orang pria ikut untuk mengawal dan petunjuk jalan.

Ditengah jalan, pria tersebut ternya­ta mengarahkan sopir untuk menuju ke Tol Jagorawi, tepatnya ke Rest Area SPBU sentul. Di belakang truk ternyata ada satu mobil berwarna silver yang berisi beberapa orang ikut mengawal truk yang berisi karung ganja itu.

JM sopir truk yang curiga jika pulu­han karung yang dibawanya tersebut berisi ganja kering, akhirnya dia meng­hubungi pemilik kendaraan yang diket­ahui merupakan anggota Polri. Semen­tara pria yang ikut di mobil tersebut pun akhirnya kabur setelah mengetahui jika mobil truk yang disewanya itu milik anggota.

Sopir pun akhirnya membawa pulu­han karung ganja dalam mobil teronton tersebut ke Pospam Belanova, Babakan­madang dan akhirnya Kepolisian Resor Bogor membawa truk teronton tersebut ke Mapolres Bogor.

Informasi lainnya, truk pengangkut ganja itu sempat mengalami mogok di tengah jalan. Kemudian, pelaku menye­wa sebuah truk lagi kemudian memind­ahkan ganja tersebut.

Namun, tidak semua ganja berhasil dipindahkan dan menyisakan 2,8 ton di truk yang mogok.

“Sampai jam dua Minggu pagi masih ada tiga truk lagi yang terparkir sejak Sabtu sore. Nah saat mobil patroli Pol­sek Babakanmadang mendekat, du truk langsung jalan,” ujar satpam rest area, Sobri.

Saat ini, kedua truk serta sopir dan kernet truk telah diamankan di Mapolres Bogor. Total ganja yang diamankan dari kedua truk tersebut seberat 3,8 ton yang akan dikirim menuju Sukabumi. Sedan­gkan sang pelaku melarikan diri.

Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto mengungkapkan jika telah mengerahkan jajarannya untuk men­dalami kasus temuan ini. Namun ia eng­gan berbicara banyak saat dihubungi mengenai kronologi kejadian.

“Memang benar tadi subuh ada temuan itu. Tapi nanti setelah pelaku tertangkap, baru kami ungkap semua,” singkatnya.

Kasat Narkoba Polres Bogor, AKP Yuni Purwanti pun saat dihubungi mengungkapkan jika temuan ini masih dikembangkan oleh Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Bogor. “Masih kita kembangkan ini. Soal kronologinya, nanti dulu,” tandas­nya.

(Rishad Noviansyah/Imam)