lurahKELURAHAN Pasirjaya adalah salah satu kecamatan Bogor Barat yang dike­nal akan hasil kreasi gong. Mahakarya seniman Pasirjaya ini sudah terkenal seantero Nusantara maupun Man­canegara. Kelurahan dengan luasan 138.20 hektar dan dihuni sedikitnya 17.000 jiwa itu dipimpin oleh Gurda Siregar.

Sudah dua tahun menjabat, Siregar terus memantapkan wilayahn­ya menjadi tempat wisata. Gong Fac­tory menjadi andalan tempat tersebut, lantaran sudah ada sejak 1857. Sampai saat ini pabrik gong tersebut dikelola turun temurun, sekarang sampai dik­eturunan yang ke tujuh.

Baca Juga :  6 Santriwati IAPAT – UNDIP Sandang Gelar Hafidzoh

Siregar mengatakan, selain Gong Factory, wilayahnya juga terus digeber dengan membuat industri makanan. Dirinya mengungkapkan, sekarang su­dah ada pabrik tahu, mie golosor dan oncom.

“Boleh dicoba makanan tradision­al khas bogor, siapa yang tidak kenal mie golosor dan oncom Pasirjaya,” akunya.

Siregar mengungkapkan, untuk program kerja terdekat yang sedang ia garap, melakukan penataan pemuki­man kumuh yang ada dikawasan yang ia gawangi.

Baca Juga :  Tren Rokok Tingwe, Manfaat dan Risiko Penggunaan Produk Tembakau Alternatif

Untuk prestasi, Kelurahan pasir­jaya tidak mau ketinggalan, seabreg prestasi pernah diraih. Siregar men­gaku, untuk prestasi yang baru ia dapatkan yaitu, Juara 2 Lomba Kelura­han Siaga Tingkat Kota Bogor.

Soal hambatan, Siregar mengaku, tidak ada hambatan berarti selama menjadi lurah. Adapun, laporan yang sering datang dari warganya, hanya bencana alam karena Kelurahan Pasir­jaya, termasuk daerah rawan bencana.

(Rizky Dewantara)