12red-bull-rb8-01-mBUDAPEST, Today - Pem­balap Red Bull, Daniel Ric­ciardo, percaya diri bisa ber­saing dengan mobil-mobil Ferrari dalam race GP Hun­garia 2015.

Saat kualifikasi, dia meng­klaim tempat keempat di be­lakang Lewis Hamilton, Nico Rosberg, dan Sebastian Vettel.

Kembali ke sirkuit yang membuatnya berjaya musim lalu, Ricciardo dan Red Bull tampil kompetitif di atas as­pal Sirkuit Hungaroring. Me­sin Renault yang sebelumnya menjadi batu ganjalan sep­erti tidak tampak.

Saat kualifikasi, ada mo­men di mana Ricciardo bisa saja menyalip catatan waktu mantan rekan setim yang kini membela Ferrari, Vet­tel. Meski begitu, pembalap berkebangsaan Australia ini tetap senang dengan penampilan mobil RB11.

Meski kalah di kualifikasi, Ricciardo yakin Red Bull me­miliki kans yang bagus untuk menaklukkan Ferrari saat race. Terlebih, dia masih me­miliki opsi ban ekstra.

“Jelas kami dekat den­gan Seb (Vettel), tapi catatan waktu putaran kami ba­gus. Saya senang akan hal itu. Cukup frustrasi untuk mengejar. Senang bisa dekat seperti itu,” kata Ricciardo, seperti dikutip Crash, Min­ggu (26/7/2015).

“Ferrari bisa menjadi tantangan nyata. Meski mer­eka sedikit lebih cepat, kami memiliki opsi baru jika nanti adalah two-stop race, dan itu membuat kami bisa kembali bersaing. Kami memiliki be­berapa hal yang bisa men­guntungkan kami,” jelasnya.

Sementara itu, Lewis Hamilton tak khawatir den­gan performa oke Red Bull Racing di dua sesi latihan be­bas awal GP Hongaria.

Justru pebalap Mercedes GP itu menyambut positif kare­na akan membuat persaingan saat balapan kian ketat.

Red Bull, yang sejak awal musim kurang “kelihatan”, menunjukkan tanda-tanda mereka bakal memberi an­caman untuk Mercedes di sirkuit Hongaroring.

Pada sesi latihan bebas pertama, Daniel Ricciardo dan Daniil Kyvat, hanya finis di posisi keempat dan keli­ma, menyelingi duo Ferrari. Di sesi kedua Ricciardo dan Kyvat menguntit Hamilton di posisi kedua serta ketiga.

Selisih waktu yang nyaris mencapai sedetik dengan Hamilton di sesi pertama, mampu dipangkas duo Red Bull itu di sesi kedua. Kvyat yang finis posisi kedua di free practice II berselisih 0,351 detik, sementara Ricciardo berjarak 0,502 detik.

Hamilton sendiri relatif nyaman menguasai dua sesi latihan tersebut. Namun, apa yang diperlihatkan Red Bull tidak membuatnya khawatir.

Sebab Hamilton justru senang jika Red Bull atau tim lain memperlihatkan anca­mannya, karena hal tersebut akan bagus untuk sesi kuali­fikasi dan tentunya balapan dapat berjalan lebih men­arik.

“Itu bagus, sangat bagus. Lebih banyak tim yang kom­petitif, lebih banyak persain­gan maka kami bisa lebih baik. Mobil pun sangat oke akhir pekan ini,” ujar Hamil­ton seperti dikutip Planet F1.

Selama kariernya di bala­pan Formula 1, Hamilton sudah empat kali memenan­gi balapan di Hongaria.

(Imam/net)