ricciardo-76LONDON, Today - Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, akhirnya buka suara soal isu yang menyebutkan dirinya akan hijrah ke Ferrari musim depan.

Dia menyatakan, rumor tersebut bisa saja menjadi fakta, sebab dirinya ingin gabung dengan tim yang lebih kompetitif.

Ricciardo kini menjalani musim keduanya bersama Red Bull, setelah “naik kelas” dari sister team Torro Rosso.

Meski tampil impresif musim lalu dengan berada di posisi tiga klasemen akhir, pembal­ap asal Australia itu sedang kesulitan karena kurang optimalnya performa RB11.

Kendati demikian, reputasi Ricciardo tetap disegani oleh para rival, bahkan Ferrari disebut-sebut ingin mendatangkannya untuk menggantikan Kimi Raikkonen musim depan.

Diminati tim besar memang membuatnya terbuai, tapi dia ingin mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum mengambil kepu­tusan.

“Jelas dengan masalah kontrak dan yang lain, tidak mudah berujar ‘saya akan menuju ke Ferrari’. Ada hal-hal yang harus dipatuhi seperti kontrak, tapi bukannya saya tidak bisa menyelesaikan hal itu,” ucap Ricciardo, sep­erti diberitakan Crash, Rabu (1/7/2015).

Baca Juga :  Bogor Today Mobile Legends Tournament Resmi Berakhir, Squad 747 Sabet Juara 1

“Saya mungkin menolak segalanya, kare­na tidak memiliki pengalaman soal kontrak. Saya belum di F1 begitu lama. Saya yakin semua hal bisa berubah. Dietrich Mateschitz juga pernah mengatakan beberapa di media,” lanjutnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, Ricciar­do memang santer dikaitkan dengan Ferrari. Kabarnya ia menjadi salah satu nama teratas dalam daftar incaran Prancing Horse untuk menggantikan Kimi Raikkonen guna berpas­angan dengan Sebastian Vettel.

Vettel, juara dunia empat kali bersama Red Bull, mendapat tantangan besar dari Ricciardo ketika mereka masih satu tim pada musim lalu.

Sedangkan Raikkonen, juara dunia 2007, lebih tua 10 tahun dari Ricciardo dan kon­traknya akan habis di akhir musim–walaupun Ferrari punya opsi untuk mempertahankan dirinya.

“Aku pikir aku bukanlah satu-satunya nama yang sudah dihubungkan dengan mereka. Jangan keliru, tentu menyenangkan dibicarakan dan dipertimbangkan. Apakah itu jadi langkah maju atau bukan, segalanya cuma desas-desus untuk saat ini,” kata Ric­ciardo.

Baca Juga :  Bogor Today Mobile Legends Tournament Resmi Berakhir, Squad 747 Sabet Juara 1

Ricciardo juga mengatakan bahwa kalau dirinya akan pindah ke Ferrari suatu hari nan­ti, keputusan tersebut bakal ditentukan oleh hasil alih-alih gengsi

“Aku memang punya paspor Italia. Aku ti­dak akan bilang, ‘Tidak, aku tidak mau mem­balap untuk Ferrari’. Itu tak adil. Tentu ada unsur sejarah,” ujar pebalap kelahiran Perth, Australia tersebut.

Ayahku adalah seorang penggemar berat, ia lahir di Italia, dan hasratnya akan merek dan tim itu ada sedikit dalam darahnya. Semasa kecil, satu-satunya yang aku tahu adalah mobil merah (Ferrari).

Sementara itu Prinsipal Tim Red Bull Christian Horner menegaskan kalau Ricciar­do akan bertahan di timnya.

“Ia punya kontrak jangka panjang den­gan tim. Tak ada opsi buat dirinya tidak be­rada di Red Bull tahun depan. Mereka (Ferrari atau peminat lain) harus bicara kepada kami alih-alih pebalapnya. Itu merupakan sebuah kesepakatan yang amat lugas,” tutur Horner.

(Imam/net)