HLRumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) telah membuka pintu bagi para atlet berprestasi yang sudah berkeluarga, namun belum memiliki rumah tinggal untuk mendaftar di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Rusunawa

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Pemerintah Kota (Pem­kot) Bogor selain berjanji memberikan pekerjaan, juga menjanjikan akan memberikan fasilitas tempat tinggal bagi atlet di rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Pihak Pemkot Bogor, Kantor Pemu­da dan Olahraga (Kanpora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Rusunawa telah sepaham terkait hal tersebut.

Namun, para atlet yang hendak mendapatkan fasilitas Rusunawa musti bersabar. Pasalnya, Rusunawa Cibuluh yang sedianya akan men­jadi tempat tujuan masih dalam ta­hap seleksi calon penghuni. “Pada dasarnya, Rusunawa Cibuluh siap menyediakan tempat tinggal bagi para atlet tersebut. Namun kami masih menunggu komando dari Pemkot terkait pendaftaran untuk pengisiannya,” kata Kepala UPTD Rusunawa, Agus Gunawan.

Baca Juga :  Pesan Taksi Online, Perempuan 19 Tahun Malah Jadi Korban Penculikan

Lebih lanjut dikatakannya, usai pembangunan fisik dan insta­lasi jaringan. Masih akan dilakukan penggodokan antara UPTD Rusu­nawa dengan Dinas Pengawasan dan Pengembangan Pemukiman (Was­bangkim) Kota Bogor terkait besaran uang sewa bulanan. “Soalnya, untuk besaran tarif masih belum ada ke­tentuan pastinya. Kalau secara spe­sifikasi sama dengan rusunawa Men­teng,” imbuhnya.

Namun, terkait kuota yang dise­diakan oleh UPTD Rusunawa bagi at­let berprestasi Kota Bogor tersebut. Agus mengatakan masih belum bisa menentukan. Pasalnya belum ada instruksi dari Dinas Wasbangkim selaku induk UPTD Rusunawa dan belum ada bahasan dengan Pemkot Bogor secara resmi.

“Kami belum bisa memastikan, soalnya belum ada instruksi dari Wasbangkim. Wakil Walikota saat melakukan peninjauan lokasi pun belum lama ini tidak menyinggu soal itu sama sekali,” akunya.

Bagi kami, lanjutnya, kalau ada kebijakan seperti itu dari Pemkot Bo­gor, kami tidak masalah dan siap me­nyediakan. Asalkan sesuai dengan peruntukan awal rusunawa, yakni bagi warga Kota Bogor yang masuk kategori Masyarakat Berpenghasi­lan Rendah (MBR). Untuk teknisnya nanti menunggu pertemuan.

Baca Juga :  Bogor Today Mobile Legends Tournament Resmi Berakhir, Squad 747 Sabet Juara 1

Sebelumnya, Wakil Walikota Bo­gor, Usmar Hariman menjanjikan akan memberikan fasilitas hunian rusunawa bagi para atlet berprestasi Kota Bogor yang sudah berkeluarga dan belum mempunyai tempat ting­gal tetap. Selain janji untuk diberi­kan kompensasi pekerjaan.

Dikatakannya, fasilitas itu diberi­kan bagi atlet yang telah menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Kota Bogor. tidak hanya sebatas atlet yang menyumbangkan medali emas di ajang Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XII/2014 saja.

“Kita prioritaskan untuk atlet berprestasi yang sudah berkeluarga dan belum mempunyai tempat ting­gal tetap. Tapi menunggu pemban­gunan rusunawa Cibuluh selesai proses pembangunannya. Tidak lama lagi kok,” pungkasnya. (*)