alfian mujani 240BERSIKAP wa­jar adalah sikap yang paling tepat dalam merespon setiap kenyataan. Jika bahagia jan­ganlah berlebihan. Begitu juga sedih janganlah melampaui batas. Kita tak pernah tahu kapan keba­hagiaan itu beru­bah jadi petaka, dan kesedihan itu jadi tawa.

Ketika sedang di posisi atas, janganlah lupa mereka yang ada di bawah. Ketika sedang berada di bawah, tak usah berkeluh kesah ka­rena zaman selalu menawarkan perubahan. Ketika sedang menjabat, janganlah lupa mem­bahagiakan rakyat. Toh, faktanya gaji dan tun­jangan yang diterima sesungguhnya adalah uang rakyat.

Orang yang dulu kaya kemudian jatuh mis­kin bukan hanya kisah sinetron. Begitu juga yang dulunya miskin kemudian menjadi kaya raya bukan sekedar adegan drama. Semua bisa terjadi. Sejarah telah memberi tahu kita. Namun kita tak memahami pesan intinya bah­wa selama mata hari masih terbit dari timur, selalu akan terjadi perubahan. Teori kekekalan itu bukan hukum keduniaan. Jadi, tak perlu sombong ketika kaya dan berkuasa. Juga tak perlu sampai terdampar dalam lautan kepu­tusasaan ketika jatuh dan miskin.