Untitled-8Grand New Avanza akan jadi pembuktian strategi Toyota Astra Motor (TAM) mempertahankan dominasi di kelas MPV bawah

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Sam­ulo mengatakan setelah diluncurkan Toyota tetap in­gin menguasai pasar nasional. ”Kita tidak bicara angka karena fluktuasi pasar. Kita mau kem­bali ke posisi di atas 45 persen marketshare MPV bawah, tetap atau naik,” katanya via telepon, Selasa (28/7/2015).

Bukan hanya wacana, ren­cana ini juga didukung jaringan diler Toyota. Sebelumnya diler terbesar Toyota, Auto2000, mengatakan, Avanza dengan desain baru tahun ini dihara­pkan bakal mengulang kes­uksesan seperti era setelah peluncuran pertama kali pada akhir 2003 lalu.

”Ekspektasinya sama sep­erti penjualan Avanza baru seki­tar 2004. Siapa tahu pasarnya sama seperti dulu,” ucap Tan Cian Hok, Operation Manager DKI 1 Auto2000.

Suka atau tidak suka, data membuktikan Avanza tetap berkuasa di segmen MPV bawah hingga saat ini. Kehad­iran Chevrolet Spin, Suzuki Er­tiga, dan Honda Mobilio, masih belum kuat mematahkan domi­nasinya.

Sejak akhir 2003 hingga sekarang, angka penjualan Avanza sudah setara dengan total pasar nasional pada 2013 yakni 1,2 juta unit. Maka tidak heran selain memegang gelar mobil terlaris di Indonesia, Avanza juga punya predikat MPV sejuta umat. (*)