lurahTAJUR adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Bogor Timur. Tajur meru­pakan kawasan industri kre­atif yang telah diakui secara nasional. Produk tas hasil olahan warga Tajur sudah memiliki langganan bahkan banyak pembeli dari luar daerah singgah ke Kota Bo­gor, hanya untuk membeli tas produk Tajur.

Memiliki luas 44 hektar dan dihuni sedikitnya 6.359 jiwa, Tajur memilik banyak potensi. Beberapa komoditi diantaranya adalah produk tas. Selain juga, terdapat beberapa showroom mobil.

Baca Juga :  Komunitas Rimba Jaga Kelestarian Puncak Bogor Sebagai Resapan Air

Sang lurah, Yadi Ruy­adi, memang baru enam bulan menjabat. Namun dirinya terus blusukan men­emui warganya.

Yadi mengatakan, se­bagai sentra industri tas pihaknya mengaku pabrik tas tersebut mulai mencuat sejak awal era milenium. “Dari awal tahun 2000 Tajur sudah melebarkan sayap dari segi industri,” kata dia.

Soal hambatan, Yadi mengatakan, ia sulit merangkul warganya agar patuh terhadap ketentuan perundang-undangan teru­tama masalah kependudu­kan. Ia mengatakan, masih banyak warganya yang be­lum memiliki KTP, KK, dan Akta Kelahiran.

Baca Juga :  6 Santriwati IAPAT – UNDIP Sandang Gelar Hafidzoh

Pria yang doyan jogging itu, mengatakan, program terdekat yang akan sedang digarap di Kelurahan Tajur, antara lain renovasi kan­tor kelurahan, pelaksanaan program PDPMK, pelak­sanaan program penang­gulangan bencana. “Kami harus terus memperhatikan warga baik dari sarana dan prasara. Termasuk kami fokus membenahi Sumber Daya Manusia (SDM),” tu­tupnya.

(Rizky Dewantara)