Untitled-3BARCELONA menelan kekala­han pertamanya di pramusim kali ini usai dibekuk 1-3 oleh Manchester United. Berikut komentar entrenador Barca Luis Enrique mengenai pertandingan tersebut

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Dalam pertandingan friendly yang menjadi bagian dari rangkaian ajang pramusim International Champions Cup, Minggu (26/7/2015), Blaugrana cuma bisa membalas satu gol atas The Red Devils. Ini menjadi kekalahan per­tama Barca dalam tur pramusimnya, setelah sebelum ini menang 2-1 atas LA Galaxy. Mengenai hasil tersebut, Enrique menyoroti beberapa peluang terbuang termasuk tiga kesempatan mengenai tiang.

“Membentur tiang adalah bagian dari pertandingan. Hari ini kami tidak seefektif biasanya. Padahal terlepas dari bola kena tiang, kami sudah men­ciptakan sejumlah peluang. Sayang sekali permukaan lapangannya amat kering. Itu tidak menguntungkan ked­ua tim,” kata Enrique seperti dikutip laman web situs resmi Barca.

Louis van Gaal tidak menyangkal, Manchester United diliputi keberun­tungan saat mengalahkan Barcelona 3-1 di laga pramusim. Kendati begitu, Van Gaal tetap puas dengan penampi­lan timnya.

Bertanding di Levi’s Stadium, Bar­celona tampil lebih dominan. ESPNFC mencatat, pasukan Luis Enrique itu memiliki 66 persen penguasaan bola dengan 18 percobaan (6 on target). Blaugrana juga tiga kali menghantam gawang, termasuk dua kali dari Luis Suarez.

Sementara itu, dengan 34 persen penguasaan bola MU memiliki 10 percobaan dengan enam percobaan mengarah ke gawang. The Red Devils mencuri gol saat pertandingan baru berjalan delapan menit berkat sundu­lan Wayne Rooney. Usai turun minum, Jesse Lingard menggandakan skor se­belum Barca menciptakan gol balasan lewat Rafinha di penghujung laga. Ad­nan Januzaj memastikan tim Inggris itu menang setelah mencetak gol ketiga di masa injury time.

“Keseimbangan tim adalah yang paling penting. Tahun lalu kami menang melawan juara Liga Champi­ons, ketika itu Real Madrid. Sekarang kami menang melawan Barcelona, jadi semuanya mungkin.” ucap manajer MU itu di situs resmi klub.

“Tapi kami juga didukung sedikit keberuntungan. Tiga bola mengenai tiang gawang tapi saya senang dengan performa kami. Juga di babak kedua, ketika para anak muda itu masuk, Anda melihat semangat yang besar. Kami memiliki jumlah peluang yang sama dengan Barcelona dan itu yang paling saya sukai pada hari ini,” pung­kasnya.