Untitled-8Mungkin sebagian dari Anda tentu sudah pernah mendengar asuransi tubuh? Di luar negeri, mengasuransikan bagian-bagian tertentu tubuh sudah lazim dilakukan para selebriti. Sementara di Indonesia, perusahaan asuransi kini melirik bisnis asuransi tubuh sebagai sebuah prospek menjanjikan.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) me­nyatakan beberapa perusahaan asuransi di Indonesia sudah mulai menawarkan asuransi ba­gian tubuh, seperti payudara, pantat sampai kaki seperti yang sudah menjamur di luar negeri.

“Mulai ada kok perusahaan asur­ansi di sini yang memberi jami­nan proteksi buat bagian tubuh. Ke­bagian tubuh. Kebanyakan bagian tubuh ini merupakan aset yang bisa menghasilkan pendapatan buat mereka,” kata Direktur Eksekutif AAUI, Julian Noor.

Pangsa pasarnya, kata dia, artis, para pejabat sampai pemain sepak bola dan atlet lain. Mereka, sambungnya, memilih mengasuransikan bagian tubuh yang membantu meraup pundi-pundi uang. Sebagai contoh, pesepak bola mengasuransikan kakinya, ar­tis memproteksi bagian pay­udara maupun bokongnya demi kesehatan dan penampi­lan sebagai public figure.

“Ada satu atau dua artis yang sudah asuransi bagian tubuh, pejabat, pemain bola seperti di luar negeri yang mengasuransi kakinya. Tapi klien biasanya tidak mau diek­spos data-datanya,” tegas dia.

Julian mengakui artis-artis ini rela merogoh kocek dalam untuk melindungi bagian-ba­gian tubuhnya. Dia memak­lumi karena penghasilan se­lebriti Indonesia cukup besar sehingga mempunyai kemam­puan lebih untuk melindungi bagian tubuh dengan jaminan asuransi.

Baca Juga :  Keren, Karya Batik FridAulia Indonesia Tampil di Melbourne Australia

“Pendapatan artis sekarang besar, sampai-sampai Ditjen Pajak Kementerian Keuan­gan saja mulai mengejar pajak mereka. Sedangkan pemain sepak bola Indonesia juga men­gasuransikan kakinya, tapi say­ang liganya ditutup, jadi susah buat kita,” cetus Julian.

Di Indonesia, yang belum lama ini mencuat adalah niatan duet penyanyi dangdut, Duo Serigala, dalam mengasuran­sikan aset berharga mereka. Dalam hal ini berarti payudara. Manajer Duo Serigala, Didi­et, mengungkapkan, saat ini pihaknya masih dalam proses mengumpulkan informasi sep­utar asuransi organ tubuh.

“Saat ini kami sedang men­cari tahu bagaimana teknis dan detailnya jika melakukan asuransi organ,” ujar mantan manajer Dewa 19 dan Dewi Persik itu.

Didiet menambahkan, di Indonesia saat ini sudah ada asuransi yang mau menang­gung hal itu. Biayanya pun mencapai miliaran rupiah. “Di Indonesia bisa dan ada, biayanya sampai Rp 1,9 mil­iar. Sampai sekarang ini kami masih bicarakan dengan pihak manajemen,” tuturnya.

Menurut Didiet, sangat wa­jar jika Ovie dan Pamela men­gasuransikan payudara mere­ka. “Ini sangat penting buat perempuan, apalagi itu kan bagian yang sangat rentan,” tandasnya.

Baca Juga :  Keren, Karya Batik FridAulia Indonesia Tampil di Melbourne Australia

Sebelumnya, penyanyi sen­sasional Syahrini sempat me­nyebutkan bahwa ia mengas­uransikan bagian tubuhnya. Bagi pelantun lagu Sesua­tu itu, asuransi sangat pent­ing, terutama bagian tubuh yang menjadi andalannya. “Buat saya itu penting, karena saya pelaku seni yang kerja setiap hari jadi asuransi itu perlu sekali,” lanjutnya.

Bukan hanya kesehatan dan masa depan saja yang di­asuransikan oleh perempuan kelahiran Bogor, 1 Agustus 1982 itu, beberapa bagian di tubuhnya juga diasuransikan. Sayang ia tidak menjelaskan bagian mana saja yang dias­uransikan. “Ada beberapa ba­gian, cuma itu sudah jadi dae­rah pribadi aku, jadi cukup saya sendiri yang tahu,” tan­das Syahrini.

Artis seksi Julia Perez alias Jupe pun juga melakukan hal yang sama. Jupe membagikan ceritanya seputar perawa­tan payudaranya termasuk dalam melindunginya. Jupe rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mengas­uransikan payudaranya. Hal itu ia lakukan untuk menjaga keindahan payudara yang se­lalu dirawatnya.

“Ini aku asuransikan lho. Dan nggak murah juga. Kelu­ar uang banyak. Asuransinya buat setahun. Biayanya? Emm benar nih gue sebut? Nanti dikira sombong nggak?,” tan­ya Jupe saat media mencari tahu biaya yang ia keluarkan untuk asuransi payudaranya.

(Apri/LIP/DTK)