Untitled-19Ada yang menarik di acara latihan bersama Prajurit Korps Marinir TNI AL dengan pasukan United Statrs Marine Corps (USMC) di Situ­bondo, Jawa Timur. Di akhir latihan, Marine Amerika Serikat ini ikut lomba panjat pinang, balap karung, dan balap bakiak. Lomba yang lazin dilakukan pada pesta rakyat HUT RI.

Oleh : (Yuska Apitya Aji)

 MENURUT Dispen Marinir TNI, latihan bersama ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dengan sandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT). Untuk CARAT 2015 ini digelar sejak Senin (3/8) lalu.

 Sebelum melakukan acara fun game, pasukan Marinir dan US Marine melaksanakan latihan penyerbuan sasaran yang dikuasai musuh di Pantai Banongan, Situbondo. Latihan tersebut merupakan latihan operasi amfibi atau Amphibi­ous Exercise. “Sebelum lomba-lomba, mereka latihan operasi amfibi dulu,” ujar Kadispen Marinir Letkol (Mar) Suwandi, Senin (10/8/2015).

Baca Juga :  Tega! Suami di Bener Meriah Aniaya Istri Sampai Babak Belur, Berawal Cekcok Mulut

Ratusan prajurit Marinir kedua negara menyerang sasa­ran denga cara penyerbuan mekanis. Berbagai kendaraan tempur (ranpur) dari kedua negara juga ikut dalam operasi latihan ini. “Setelah selesai lati­han, dalam rangka menyam­but 17 Agustus, kita ajak pasu­kan Marinir Amerika lomba permainan tradisional sore harinya,” kata Suwandi.

Diceritakan Suwandi, pra­jurit-prajurit US Marine sangat senang mengikuti lomba panjat pinang, balap karung, dan bal­ap bakiak. Lomba bukan diada­kan antar negara, namun saling berbaur berdasarkan tim.

“Ini bukan lomba AS mela­wan Indonesia. Karena untuk menjalin persaudaraan dan solidaritas, mereka berbaur antara Marinir dan US Marine. Jadi per tim,” jelasnya.

“Mereka senang sekali ka­rena belum pernah ngerasain kayak gitu. Waktu lomba balap karung dan bakiak pada jatuh tapi mereka malah seneng, apalagi panjat pinang. Mau sampai melorot lagi,” sam­bungnya.

Baca Juga :  Dosen Mengabdi IPB Bicara Perubahan Iklim di SMK Pembangunan Kota Bogor

Setelah berusaha sekuat tenaga dan berkali-kali mero­sot, lomba panjat pinang di­menangkan oleh tim Kavaleri. Saat mencapai puncak, tim mendapat hadiah soft drink. “Kalau lomba balap karung di­menangkan oleh tim Bantuan. Balap bakiak tim Kavaleri me­nang lagi. Tim campuran isin­ya dari Marinir Indonesia dan US Marine. Hadiahnya keru­puk, dimakan bareng-bareng,” cerita Suwandi.

Salah seorang prajurit US Marine dalam keterangan Dis­pen Marinir menceritakan pen­galamannya mengikuti lomba. Ia mengaku senang bisa berbaur bersama prajurit Indonesia.

“Ternyata sulit, kita harus bisa menyusun strategi, mem­bangun komunikasi dengan yang lain supaya menang,” ucap salah seorang prajurit US Marine, Will.

Sehari usai acara, pasukan US Marine pun pulang kem­bali ke negaranya. Tak hanya mendapat ilmu latihan bersa­ma, mereka pun kini memiliki kenangan mengenal permain­an tradisional.